banner dprd mkassar
Bone  

SMA Islam Athirah Bone Raih Juara 1 Cerdas Cermat Fisika se-Sulselbar di UIN Alauddin Makassar

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, BONE – Kabar baik baru saja diberikan oleh anggota ekstrakurikuler Fisika SMA Islam Athirah Bone. Mengikuti kompetisi pada Physics Fair yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.

Tim yang dibimbing oleh Rezky Angraeni, M.Pd. ini berhasil memboyong Juara 1 Cerdas Cermat Fisika. Adalah Andi Achmad Fauzan, M. Naufal Zhafran Ramadhan Batara, dan Annisa Pratista yang mempersembahkan prestasi tersebut.

Kompetisi yang dihelat mulai dari tanggal 11 hingga 13 Oktober 2023 se-Sulselbar tersebut, merupakan salah satu kompetisi tahunan yang rutin diikuti oleh SMA Islam Athirah Bone.

Olehnya itu, sebelum mengikuti kompetisi tersebut, Rezky Angraeni, M.Pd., selaku pembimbing, mengatakan bahwa ia mempersiapkan tim yang akan diikutkan.

“Tentu ada proses seleksi, di tiap pertemuan ekstrakurikuler, anak-anak drilling soal, dan sepekan sebelum event, mereka karantina full,” ujar guru pengampu mata pelajaran Fisika sekaligus Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMP Islam Athirah tersebut.

Meski hampir setiap tahun mengikuti event yang sama, namun lebih lanjut, perempuan kelahiran Makassar ini mengaku tantangan yang dihadapi berbeda.

“Tentu tantangan yang dihadapi berbeda tiap tahunnya. Seperti tahun ini, lomba Cerdas Cermatnya didesain dalam bentuk tim. Sementara tahun sebelumnya, cabang lomba ini diadu melalui kemampuan individu. Selain itu, tahun ini, model soal tidak dalam bentuk tes tertulis seperti tahun lalu, namun mulai dari babak penyisihan hingga babak final, tim mengikuti model cerdas cermat. Yang menarik, di tahun ini ada babak ‘Siapakah Aku?’, dimana peserta harus menebak nama ilmuwan Fisika dan nama alat lab. Sehingga menjadi tambahan item yang perlu dipersiapkan sebelum lomba,” jelasnya.

Ia juga berharap agar kedepannya bisa meningkatkan capaian prestasi anak binaannya. Tahun ini, ada dua tim yang dikirim untuk mengikuti cabang lomba Cerdas Cermat meski hanya satu tim yang berhasil lolos ke babak final.

“Namun Alhamdulillah masih bisa mempertahankan raihan tahun lalu di kompetisi ini sebagai Juara 1. Harapannya, anak-anak tidak cepat puas dengan capaian yang telah diraih. Masih banyak yang harus disiapkan, terutama untuk menghadapi lomba -lomba lainnya. Termasuk jenis lomba Cerdas Cermat, anak-anak harus mampu mengerjakan soal dengan cepat dan tepat, serta masih banyak latihan soal-soal,” jelasnya melalui pesan WhatsApp.

“Alhamdulillah geliat prestasi di anak-anak makin menunjukkan progres. Semoga siswa lain terpacu untuk berkompetisi dan memberikan yang terbaik bagi sekolah. Urusan menang itu adalah bonus, namun yang terpenting adalah bagaimana mereka mau bertarung, sehingga jiwa kompetitif diantara mereka terbangun,” ungkap A. Reski Citra Rahmayani, S,Pd., selaku Wakasek Kurikulum SMA Islam Athirah Bone.

(Eva Rukmana-Tim Web SMA Islam Athirah Bone)

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *