Mantan Sekum Badko HMI: Dampak Blackout PLN Harus Tanggung Jawab

PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR — Pemadaman atau black out yang dilakukan oleh PLN Sulselbar berdampak kerugian besar bagi seluruh masyarakat di Sulsel dan Sulawesi Barat. Kerugian itu baik seara materil maupun secara moril.

Hal tersebut ditegaskan mantan Sekretaris Umum (Sekum) Badko HMI Sulselbar Tri Febriyanto, Jumat (16/11/2018) di Makassar.

“Pemadaman listrik oleh PLN sangat berdampak buruk bagi seluruh masyarakat di Sulsel dan Sulbar. PLN harus bertanggung jawab atas blackout yang dilakukan sejak kemarin sampai sekarang ini,” tegas Tri Febriyanto.

Dia menjelaskan, listrik adalah kebutuhan dasar masyarakat yang harus dijaga baik oleh PLN. Pemadaman yang berjam jam lamanya membuat Makassar, dan seluruh wilayah di Sulsel dan Sulselbar lumpuh.

“Berapa banyak kerugian yang diderita masyarakat. Belum lagi dampak pemedaman ini juga berdampak pada macetnya pelayanan air oleh PDAM. Otomatis aktivitas masyarakat terhambat,” ujar Tri.

Tri Febrianto yang memiliki pengaruh besar bagi kalangan pengusaha di Sultra ini mengatakan,warga wajar menuntut PLN bekerja maksimal dan menuntut kerugian jika PLN tidak bekerja maksimal atau ceriboh. Pasalnya, PLN begitu ketat memutus jaringan kelistrikan kepada masyarakat jika ada pelanggan listrik yang menunggak dan lain sebagainya.

“Sebaliknya jika PLN bermasalah, hukuman apa yang cocok. Harus ada dong, ini BUMN yang tugasnya memberikan pelayanan. Pelayanan itu tidak gratis warga bayar,” kata Tri.

Andi Muhammad Fadli
Gerinra Sulawesi Selatan