Ini Efek Samping Vaksin Booster Semua Jenis

Pemkot Makassar SC
PDAM MAKASSAR

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Pemerintah saat ini mengebut penyuntikan vaksin dosis tiga atau booster Akibat terus bertambahnya kasus Covid-19 varian Omicron di Indonesia.

Penyuntikannya booster pun masih digratiskan oleh pemerintah sama halnya dengan vaksin dosis satu dan dua sebelumnya.

Meski diklaim hanya untuk menambah kekebalan tubuh dari virus, namun semua jenis vaksin yang digunakan untuk booster juga memiliki efek samping.

Yang pertana untuk vaksin Pfizer. Vaksin ini diberikan sebanyak satu dosis minimal setelah 6 bulan dari vaksinasi primer dan dikhususkan untuk usia 18 ke atas.

Efek samping dari penyuntikan vaksin booster ini adalah nyeri pada tempat suntikan, kelelahan, nyeri kepala, sakit otot, nyeri sendi dan demam.

Yang kedua Sinovac. Bila digunakan untuk vksin booster, Sinovac akan memberikan efek samping yang bersifat ringan berupa nyeri, iritasi dan sedang berupa pembengkakan sistemik, nyeri otot, demam dan gangguan sakit kepala.

Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Efek samping tersebut tidak berbahaya dan dapat pulih kembali.

Ketiga ada AstraZeneca yang diklaim bisa meningkatkan nilai titer antibodi IgG dari 1792 menjadi 3746 bila dijadikan booster juga memiliki efek samping.

Umumnya, efek samping dari vaksin ini adalah nyeri pada bekas suntikan, tidak enak badan, merasa lelah, menggigil atau demam, sakit kepala, mual, dan nyeri sendi.

Sementara itu, vaksin Moderna setelah dipakai untuk booster baru-baru ini dilaporkan memiliki efek samping nyeri di tempat suntikan.

Efek samping lainnya seperti demam, pegal, mual, dan lain-lain lebih rendah lagi laporannya.

Yang terakhir ada vaksin Zifivax. Vaksin booster ini diklaim bisa meningkatan titer antibodi netralisasi lebih dari 30 kali pada subyek yang telah mendapatkan dosis primer Sinovac atau Sinopharm.

Efek samping kerap muncul dari vaksin ini adalah nyeri pada tempat suntikan, sakit kepala, kelelahan, demam, nyeri otot, batuk mual, serta diare dengan tingkat keparahan grade 1 dan 2.

BAPENDA Makassar SC
Pangkep SC