Jelajah Sejarah, Siswa SD Islam Athirah Racing Centre Kunjungi Dua Gua di Taman Arkeologi Leang-leang

Pemprov-Sulsel

SUARACELEBES.COM, MAROS – Menyambut hari pertama sekolah, SD Islam Athirah Racing Centre Makassar menggelar Field Trip di dua tempat berbeda di kabupaten Maros.

Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas 4 yang berjumlah 21 orang dengan pendamping guru berjumlah 5 orang serta 2 orang pemandu field trip dari LCM Rajawali.

Beberapa orang tua siswa juga ikut menyaksikan secara langsung aktivitas anak-anaknya, Senin (16/10/2023).

Pada pagi hari, tempat pertama yang dikunjungi yaitu Penangkaran Kupu-kupu Bantimurung yang bertempat di Taman Nasional Bantimurung, Maros.

Di sana, mereka berkesempatan menerima materi berbagai hal tentang kupu-kupu. Mulai dari jenis kupu-kupu, metamorfosis kupu-kupu, dan beberapa jenis kupu-kupu yang dilindungi.

Selain itu, mereka dapat melihat langsung bagaimana bentuk kepompong di taman kupu-kupu. Namun sayang, mereka belum berkesempatan melihat kupu-kupu yang beterbangan, dikarenakan lagi musim kemarau. Hal ini diungkapkan oleh salah satu petugas yang berada di sana.

“Mohon maaf yah adek-adek. Karena belum bisa melihat kupu-kupu yang terbang. Karena, lagi musim kemarau,” ucapnya.

Walaupun demikian, para siswa masih bisa melihat beranekaragam jenis dan bentuk kupu-kupu di ruangan tempat mereka menerima materi terkait kupu-kupu tersebut.

Setelah selesai melihat dan mempelajari terkait kupu-kupu, para siswa berpindah ke lokasi kedua yaitu Taman Arkeologi Leang-leang yang lokasinya tidak jauh dari Penangkaran Kupu-kupu.

Setiba di sana, para siswa diarahkan untuk berjalan melewati pemandangan indah yang dihiasi dengan berbagai bentuk batuan karst. Para siswa berjalan menaiki tangga demi tangga hingga tiba di Gua Petta Kere. Di sana, terdapat peninggalan bersejarah yang berupa gambar telapak tangan dan gambar babi rusa.

Setelah itu, para siswa melanjutkan perjalanan menuju gua yang kedua yaitu Gua Pettae. Di sana juga terdapat peninggalan bersejarah berupa telapak tangan dan bekas makanan orang-orang jaman dulu.

Para siswa sangat antusias mendengar penjelasan terkait benda dan bentuk bersejarah serta menanyakan hal-hal yang mereka ingin tanyakan. Salah satunya Zhafran Az-Zahran yang bertanya terkait lama jejak sejarah itu berada.

“Saya mau bertanya pak. Sudah berapa lama jejak tangan ada di sini?” tanyanya antusias.

Pertanyaan demi pertanyaan diutarakan dan dijawab pula oleh pemandu tempat bersejarah tersebut.

Setelah melakukan perjalanan yang panjang, para siswa pun beristirahat, makan siang dan melaksanakan shalat secara berjamaah di masjid terdekat.

Mereka sangat senang dengan kegiatan Field Trip kali ini. Beberapa diantara mereka mengatakan kegiatan ini sangat seru.

“Serunya! Seru sekali jalan-jalan ke gua,” ucapnya.

“Seperti petualangan. Petualangan Sherina 3 alias Petualang Athirah,” ucap salah satu siswa.

===

Sekolah Islam Athirah merupakan salah satu sekolah Islam terbaik di Makassar.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi website www.sekolahathirah.sch.id atau hubungi Center of Information Officer (CIO) di nomor 0823-1111-1700.

===

Tim Website SD Islam Athirah Racing Centre, Fitria