Survei Harmil dan Chaidir Memimpin Tipis, Trend Kenaikan Terbaik Dimiliki Amirullah Nur di Maros

Pemkot Makassar SC
BAPENDA Makassar SC

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Tingkat Elektabilitas dan Popularitas Calon Bupati dan Wakil Bupati Maros bersaing ketat. Hal ini terlihat dari hasil survei Lembaga Konsultan Politik Nurani Strategic (NUSA) yang telah beredar.

Survei yang dilakukak pada tanggal 02 sampai 07 maret dengan dengan melibatkan 660 Responden. Dari  sejumlah figur yang disurvei untuk tingkat popularitas menempatkan Harmil Mattotorang (71,4%), Chaidir Syam (69,3%), Ilham Najamuddin (59,3%), Suhartina Bohari (57,9%), Amirullah Nur (56,2%), disusul H.Tajerimin (48,2%), Wawan Mattaliu (46,8%), dan Havid Pasha (33,5%).

Sementara tingkat eletabilitas Chaidir Syam lebih unggul dari Harmil Mattotorang. Survei yang dilakukan tertutup dan alat bantu, elektabilitas Chaidir Syam berada diangka (15,6%),
Harmil Mattotorang (12,5%), Ilham Najamuddin (9,7), Amirullah Nur (9,5%), Suhartina Buhari (5,4%)
disusul H.Tajerimin (4,4%), Wawan Mattaliu (4,4%), dan Havid Pasha (3,3%).

Dalam Survei ini Nurani Strategic juga melakukan simulasi paket, pasangan
Chaidir Syam – Suhartina (26,8%), Harmil Mattotorang – Ilham Najamuddin (21,6%), Amirullah Nur – Wawan Mattaliu (16,3%), dan H.Tajerimin – Havid Pasha (9,2%).

 

Direktur Nurani Strategic saat dihuhubungi  mengakui menggelar survey di Maros pada tanggal itu. Namun, ia tak dapat mengkonfirmasi kebenaran hasil itu karena tak ia umumkan secara resmi. “Hasilnya mirip tapi kebenarannya saya tak dapat konfirmasi karena memang tak pernah diumumkan karena hanya untuk konsumsi pribadi dan klien,” katanya, Rabu (18/03/2020).

Meski dalam popularitas Harmil Mattorang terbilang tinggi, namun pada tingkat keterpilihan Harmil Mattotorang masih kalah dengan Chaidir Syam. Hal ini posifif bagi Chaidir karena bisa memacu terus keterpilihannya, dengan popuparitas yang terus bisa dinaikkan.

Meski Harmil dan Chaidir memimpin, namun angka itu belum aman karena keunggulan yang tipis. Trend kenaikan terbaik dimiliki Amirullah Nur. Meski Amirullah Nur pendatang baru namun mampu menaikkan keterpilihannnya dengan banyak. Tentunya ini tak lepas dari variasi kampanye yang dilakukan tim Amirullah Nur, langsung menyasar pemilih dari rumah ke rumah.

Tidak ada figur yang dominan dari sisi keterpilihan, membuat pilkada maros berjalan makin dinamis. Di Survei kami, stabilitas dukungan masing masing kandidat masih sangat dimamis. Keyakinan pemilih terhadap kandidat masih goyang.(*)

 

 

Perumda Parkir Makassar
Pangkep SC