Bunda PAUD Ajak Guru dan Orang Tua Upayakan Pemenuhan Hak Anak Usia Dini dengan Pendidikan

Pemprov-Sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Bunda PAUD Kota Makassar Indira Yusuf Ismail mendorong seluruh guru PAUD di Kota Makassar pemenuhi hak anak dengan meningkatkan kapasitas sebagai guru.

Arahan itu disampaikan Indira pada kegiatan peningkatan kapasitas guru PAUD Kota Makassar yang dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) bekerja sama dengan Pokja PAUD Kota Makassar di Hotel Arthama, Selasa (17/10/2023).

“Penting sekali peningkatan guru PAUD karena pada guru inilah anak kita dididik, kriteria kapasitas guru itu harus kita susun sebaik mungkin karena merupakan bagian dari pemenuhan hak anak,” kata Indira.

Menurut Indira, agar seorang anak yang akan menjadi penerus generasi dapat tumbuh cerdas, haruslah berada di lingkungan yang memberi pendidikan dan pengalaman yang baik.

Peran dan kapasitas guru dalam hal itu, kata Indira, sangat berpengaruh sebab mereka menjadi pusat lingkungan pendidikan yang menemani anak-anak selama beberapa jam setiap hari.

“Selain keluarga dirumah mendidik, ada juga guru PAUD yang menemani anak-anak selama beberapa jam sehari di sekolah. Jadi guru-guru yang ada di sini tentu harus kita tingkatkan kapasitas bukan hanya seorang guru tapi juga seorang pendidik,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Indira juga menekankan pentingnya peran orang tua terhadap pendidikan anak. Tidak hanya sekedar mengantarkan ke sekolah, tapi orang tua juga harus memberi dan merencanakan arah pendidikan anak dalam proses tumbuh kembangnya.

Sehingga, anak-anak usia dini diharapkan bisa memiliki kesempatan yang luas untuk tumbuh secara optimal menjadi anak cerdas, sehat dan berakhlak mulia.

“Salah satu hak anak adalah pendidikan. Orang tua juga harus merencanakan arah hidup anaknya, tentunya orang tua dulu yang harus tahu apa hak dan kewajiban anak,” ujarnya.