Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Rehabilitasi Danau Limboto, Pangdam Merdeka : Pemelihataan Bermanfaat Untuk Masyarakat

PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, GORONTALO  – Komandan Korem 133/Nani Wartabone Brigjen TNI Bagus Antonov Hardito, M.A. didampingi Kepala Seksi Teritorial Korem 133/NW Kolonel Inf Marthen Pasunda, S.Sos., M.H. mengikuti penandatanganan perjanjian kerjasama Balai Wilayah Sungai I Provinsi Sulut dan Balai Wilayah Sungai Sulawesi II Provinsi Gorontalo.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos Gunawan Matondang, S.I.P., M.M., M.Tr (Han) bertempat di Aula RM Astound Hill, Tondano Selatan – Minahasa, Sulut, Jum’at (21/5/2021).

Pangdam XIII/MDK dalam sambutannya menyampaikan bahwa rehabilitasi danau Tondano dan Limboto tidak semudah yang di bayangkan. “hari ini kita dapat hadir dalam acara penandatanganan kerja sama antara TNI-AD dan BWS Sulawesi I Sulut dan BWS Sulawesi II Gorontalo tentang pemeliharaan Danau Tondano dan Limboto,” Ungkapnya.

Dirinya juga berharap agar segera dapat di tindak lanjuti sehingga dapat bernafaat bagi Masyarakat, serta mengajak seluruh masyarakat untuk bersinergi merevitalisasi danau Tondano dan danau Limboto.

“Mari kita jaga kelestarian danau Tondano dan Limboto guna Menjaga ekosistem lingkungan Danau dan dapat berguna sebagai mana mestinya,” Tutup Mayjen TNI Santos.

Sementara itu, kepala BWS Sulawesi I Provinsi Sulawesi Utara Ir. Bastari, M.M. menjelaskan bahwa Danau Tondano memiliki luas -+ 14,40 H yang berfungsi sebagai peredam banjir di Minahasa.

“Permasalahan danau Tondano seperti banjir, penurunan debet air dan pertumbuhan enceng gondok dapat membuat penetrasi danau,”Ungkapnya.

Ia juga mengatakan bahwa selama ini provinsi Gorontalo dan kabupaten Minahasa setiap tahun telah melaksanakan penetrasi sehingga dapat menekan pertumbuhan Enceng gondok pada tahun tahun sebelumnya sampai saat ini.

Hal senada yang dijelaskan juga oleh Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi II Provinsi Gorontalo Ir. Naswardi, M.T. bahwa pembinaan teritorial wilayah kerja BWS I Prov. Sulut dan BWS II Prov. Gorontalo telah bersama sama menyusun kerja sama.

“Saat ini Kementerian PUPR telah menjalin kerja sama dengan TNI sesuai No.01 tahun 2020 tentang membangun infrastruktur PUPR
Dananu Limboto sebagi pendayagunaan daya air oleh penduduk,” Imbuhnya.

Dirinya mengungkapkan bahwa pemeliharaan danau Limboto harus dengan kerjasama yang tepat sehingga penetrasi danau Limboto untuk menekan pertumbuhan enceng gondok mencapai yang 25 persen dari luas danau, sehingga membuat danau menjadi dangkal dan menyempit.

“Untuk itu, kami mengucapkan banyak terima kasih banyak atas kerjasama ini dan danau tetap terjaga kelestariannya,”Ucap Bapak Ir. Naswardi.

Turut hadir, Brigjen TNI Junior Tumilar (Irdam XIII/Mdk), Brigjen TNI Prince Meyer Putong, SH (Danrem 131/Stg), Robby Dondokambey, S.Si (Wakil Bupati Minahasa), Ir. Adolf Tamengkel (Kadis PU Prov Sulut), Para Asisten dan Kabalag Kodam XIII/MDK., Kolonel Inf Acok Lamama (Kasiter Korem 131/Stg), Letkol Inf Herbert A. Andi Sinaga, S.Ip (Dandim 1302/Minahasa), Danyon 712/Wt, Danyon Armed 19/105 Trk, Danyon Zipur 19/Ykn, Danki Kav 10/Msc dan Para Asisten Pemkab.(AK23)

Pemkot Makassar SC