banner dprd mkassar

Jokowi Umumkan Endemi, Pemerintah Kini Tidak Lagi Menanggung Biaya Pasien Covid-19

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengumumkan bahwa Indonesia kini memasuki masa endemi Covid-19 setelah beberapa tahun masa pandemi melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (21/6/2023).

Selain mengumumkan masa endemi, Jokowi juga mengatakan pemerintah kini tidak lagi menanggung biaya penanganan pasien Covid-19 bila status pandemi sudah diganti menjadi endemi.

“Ini hati-hati kalau sudah masuk endemi, kalau kena Covid-19 bayar. Saat ini masih ditanggung pemerintah, begitu masuk endemi -jangan tepuk tangan dulu- sakit Covid-19 bayar. Konsekuensinya itu,” ujar Jokowi dikutip dari CNNindonesia.

Pandemi adalah wabah penyakit yang terjadi serempak di cakupan geografis yang luas.

Beda dari pandemi, endemi merupakan wabah penyakit yang tersebar hanya di daerah tertentu.

Transisi pandemi ke endemi berarti membubarkan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19. Vaksin Covid-19 akan diberikan pemerintah dalam skema pelayanan normal dalam penyakit menular biasa.

Sementara itu, Jokowi mengungkapkan penanganan pandemi Covid-19 merupakan pekerjaan terberatnya selama dia menjabat presiden sejak 2014.

“Dalam hampir 10 tahun ini kita bekerja, memang yang paling berat menghadapi Covid-19. Betul-betul kita enggak tahu berakhirnya kapan, diselesaikan dengan cara apa, dan sangat kuatnya ini sampai berapa bulan berapa tahun, enggak tahu,” kata Jokowi dikutip dari CNNindonesia.

Kesulitan itu tak cuma dialami Indonesia, Jokowi menyebut pemimpin negara-negara besar lain juga mengalami hal yang sama karena tak semua negara punya pengalaman menanggulangi pandemi.

 

Pemkot Makassar

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *