Andi Sudirman Berbagi Kiat-kiat Peningkatan Produksi Ternak Bagi Inseminator

Pemprov-Sulsel PDAM-Makassar

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Mantan Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman didaulat menjadi narasumber dalam Pertemuan koordinasi Pelayanan IB Tahun 2023 Satker 06.

Acara yang dilaksanakan oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulsel di Hotel Denpasar, Makassar, Kamis (21/9/2023).

Ia pun memaparkan terkait Peranan Inseminasi Buatan Dalam Peningkatan Kesejahteraan Peternak.

“Memenuhi undangan menjadi narasumber dalam Pertemuan koordinasi Pelayanan IB Tahun 2023 Satker 06 oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulsel,” ujarnya.

Kebutuhan produk peternakan termasuk daging terus mengalami peningkatan. Secara Nasional, ketersediaan produk peternakan khususnya daging sapi dan kerbau belum mampu memenuhi permintaan dalam Negeri.

Potensi pengembangan sapi dan kerbau cukup besar di Sulsel berdasarkan potensi yang dimiliki. Peranan inseminasi buatan untuk kesejahteraan petani. Salah satu program yang cukup menjanjikan untuk peningkatan produksi dan produktivitas sapi potong adalah inseminasi buatan.

“Menyampaikan beberapa langkah untuk indeks kualitas produksi Inseminasi Buatan dengan harapan bisa meningkatkan peternakan,” jelasnya.

Lanjutnya, “disamping itu, pentingnya edukasi kepada para peternak. Serta membangun formulasi yang efektif san perencanaan yang optimistik, realistik, serta memikirkan kondisi yang akan datang,” paparnya.

Untuk mendukung pelaksanaan inseminasi buatan, Sulsel sudah bisa menghasilkan semen beku (sperma beku).

“Hasil inseminasi buatan di Sulsel cukup membantu peternak untuk menghasilkan sapi-sapi berkualitas,” katanya.

Berdasarkan data Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, jumlah kelahiran hasil inseminasi buatan yang terlaporkan di Sulsel dalam 3 tahun terakhir mencapai 110.224 ekor. Kalau setiap ekornya rata-rata dinilai sebesar Rp 10 juta/ekor, maka nilainya mencapai 1,1 Triliun.

Sementara itu, salah satu inseminator yang turut mengikuti bernama Mario sangat senang dengan motivasi yang diberikan Andi Sudirman Sulaiman.

“Mewakili teman-teman inseminator, mengucapkan terima kasih atas semangat bagi kami inseminator. Sangat menginspirasi bagi inseminator Kabupaten/Kota. Serta menginspirasi bagi anak-anak muda,” bebernya.

Dalam kesempatan ini, turut hadiri Prof. Saharuddin dari BRIN sebagai narasumber dan Kepala UPT IB, Bapak Ir. M. Nuryadi M.M.

Bapenda-makassar
Banner-nasdem
capil-makassar