banner dprd mkassar
Gowa  

Lebih Dekat dengan Alam dan Tumbuhan, SD Islam Athirah 1 Makassar Belajar di Wisata kebun Gowa

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – SD Islam Athirah 1 Makassar telah melaksanakan field trip sosial dan tadabbur alam selama tiga hari yakni hari Jumat – Sabtu tanggal 17-19 November 2023 di Wisata kebun, kabupaten Gowa.

Field trip ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 4 sebanyak 111 siswa dan didampingi oleh guru wali kelas, guru bidang studi, serta pimpinan SD islam Athirah 1 Makassar. Dengan mengangkat tema “Loving the Natural Symphony”.

Adapun rangkaian kegiatan saat berlangsung diantaranya: kegiatan field trip, shalat maghrib dan isya disertai pemberian kultum oleh siswa, lalu dilanjutkan kegiatan mabit, kemudian tidak lupa dilaksanakan shalat tahajjud lalu dilanjutkan shalat subuh serta pemberian kultum oleh siswa, lalu ada juga kegiatan outbound.

Seluruh rangkaian kegiatan akan ada juga diberikan apresiasi kepada siswa diantaranya, akan diberikan apresiasi bagi peserta field trip terbaik untuk putra dan putri, kebersihan kamar dengan memperhatikan 5R untuk kamar puta dan putri, peserta terbaik mabit, dan tim terbaik pada saat mengikuti outbound.

Agustiana,S.Pd. menjelaskan bahwa tujuan diadakannya field trip ini yaitu mengajarkan siswa mengenal tumbuhan dan hewan secara langsung yang ada di wisata kebun, melatih kemandirian dan ketangkasan, serta memberikan pengalaman belajar (experiential learning) yang lebih fun untuk siswa.

“Sebelum berangkat ke lokasi field trip para siswa berkumpul dan mendengarkan pengarahan dari kepala sekolah,” jelasnya.

Lebih lanjut, Wali Kelas IV Al Hayyu yang akrab disapa Ms Ana memilih wisata kebun karena di lokasi tersebut banyak terdapat variasi tanaman yang bisa dijadikan objek observasi siswa, lahannya luas, rindang dan tepat untuk dijadikan tempat outbound juga.

Kemudian Khasan, S.Pd.,M.M selaku kepala SD Islam Athirah 1 Makassar saat pengarahan mengingatkan para siswa untuk tetap berada dalam kelompok, bersikap mandiri, dan bertanggung jawab dengan barang miliknya sendiri.

Kemudian, Thafana yang juga mengikuti kegiatan fieltrip, mabit, serta outbound, menyampaikan rasa senang karena ini adalah pengalaman pertama bisa nginap bersama teman sekolah.

“Hal yang paling tidak bisa dilupakan saat malam mabit, dimana saat itu kita semua disuruh ingat dosa – dosa yang telah dilakukan oleh orang tua, intinya nasehat tentang orang tua. Diakhir kegiatan siswa kelas 4 al hayyu ini berharap semoga ada lagi kegiatan kelas 4 yang bermalam dengan teman-teman,” jelasnya.

Penulis : Tim Web SD Islam Athirah 1 Makassar
=====

Sekolah Islam Athirah merupakan salah satu sekolah Islam terbaik di Sulawesi Selatan. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website www.sekolahathirah.sch.id atau hubungi Center of Information Officer (CIO) di nomor 0823-1111-1700.

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *