Pengukuhan dan Pelantikan Kepengurusan OSIS SMP Islam Athirah 1 Makassar Masa Bakti 2022/2023

Pemprov-Sulsel-SC
PDAM MAKASSAR

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – SMP Islam Athirah 1 Makassar gelar pelantikan pengurus OSIS-MPK SMP Islam Athirah 1 Makassar bertempat di Auditorium Sekolah Islam Athirah, Selasa (20/12/2022).

Sebanyak 52 siswa dilantik pada hari ini untuk diambil sumpah dan janjinya untuk melaksanakan tugas mereka selama setahun kepengurusan periode 2022/2023.

Sebelum proses pelantikan, calon pengurus yang baru dan pengurus yang lama bersama hadirin menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang dilanjutkan dengan Mars Athirah.

Proses pelantikan dimulai dengan pengurus MPK SMP Islam Athirah 1 Makassar periode 2022/2023 yang dibacakan oleh Musawwir Mus,Lc.,sebagai Wakil Kepala SMP Islam Athirah urusan Kesiswaan dan Keagamaan.

Acara pelantikan ini dimulai dengan tanya jawab selanjutnya penandatanganan naskah serah terima jabatan dari ketua MPK dimisioner kepada ketua MPK yang telah dilantik disaksikan oleh kepala sekolah dan wakil kepala sekolah urusan kesiswaan dan keagamaan.

Selanjutnya penyerahan berkas-berkas MPK dari pengurus MPK demisioner kepada pengurus MPK yang baru. Pemberian ucapan selamat kepada pengurus MPK yang telah dilantik dan pengurus MPK demisioner.

Selanjutnya prosesi pelantikan pengurus OSIS periode 2022/2023 yang dimulai dengan tanya jawab oleh ketua MPK yang baru yakni Anadya Arrayan Aeradi Amsah dari kelas VIII Ibnu Rusyd yang didampingi oleh kepala SMP Islam Athirah 1 Makassar Nilamartini,S.Pd.,M.M.

Pada sambutan kepala SMP Islam Athirah 1 Makassar Nilamartini,S.Pd.,M.M., menyampaikan bahwa berkegiatan pada orgaisasi sekolah seperti OSIS-MPK, siswa belajar melatih komunikasi, melatih jiwa kepemimpinan, meningkatkan kepercayaan diri dan keberanian, serta melatih tanggung jawab.

Melalui OSIS-MPK, siswa mengembangkan kemampuan public speaking, sifat empati, jiwa leadership, dan kerjasama yang baik. Dengan berorganisasi siswa melatih kemampuan mereka untuk bisa menjadi pemimpin.

“OSIS-MPK merupakan salah satu wadah bagi siswa untuk mengembangkan potensinya baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. Support orang tua pada anaknya untuk dapat mengembangkan dirinya pada organisasi sekolah adalah kekuatan dan menjadi motivasi bagi anak,” tuturnya.

“Dan untuk siswa Athirah yang telah diberi amanah oleh sekolah dan orang tua, sebaiknya menunjukkan tanggung jawab itu untuk berprestasi baik di bidang akademik maupun non-akademik dengan mengatur waktu belajar dan berorganisasi,” lanjutnya.

Dia juga mengatakan bahwa pengembangan diri melalui OSIS-MPK adalah salah satu cara untuk dapat mengembangkan potensi diri siswa, melatih kepemimpinan, dan bekerja sama dengan baik.

“Dengan pengalaman ini, siswa dapat lebih mengenal diri untuk meningkatkan kepercayaan diri dan melatih tanggung jawab. Jadikanlah OSIS-MPK ini sebagai wadah untuk pengembangan dan pembinaan diri kalian sesuai dengan visi-misi sekolah Athirah,” tambahnya

Selanjutnya Saharuddin,S.Pd., dari manajemen Sekolah Islam Athirah dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan hari ini diwarnai suasana yang bahagia dan mengharukan.

Bagi yang baru dilantik diucapkan selamat bertugas dan banyak melakukan hal-hal yang produktif. Fokus pada kualitas dengan program-program yang bisa dikawal dengan baik. Kerja cerdas yang diatur sedemikian rupa untuk mengatur rencana-rencana yang diprioritaskan.

“Jadilah pemimpin yang memiliki sikap tetap tenang tetapi kalau ada masalah sigap, tetap lembut tetapi tajam dalam mengevaluasi kinerja dengan objektif, dan santai tapi bisa menghadapi tantangan,” pesannya.

Menutup sambutannya, Sir Didin menyampaikan sebuah puisi bawalah aku ke mana kau singgah agar aku tiru yang bisa ku tiru agar bisa ku praktikkan kepadamu.

Selamat kepada Muhammad Naufal Assyabri Monoarfa yang telah dilantik sebagai ketua OSIS periode 2022/2023. Dan terima kasih kepada Alifya Ramadhani Azzahra ketua OSIS periode 2021/2022 yang telah menjalankan tugasnya selama satu tahun. Semoga berkah untuk semuanya dan visi-misi sekolah Athirah dapat dilanjutkan oleh kepengurusan Naufal bersama timnya.

Laporan : Hasniwati Ajis (Tim Web SMP Islam Athirah 1 Makassar)

Pangkep SC