Pasangan Chaidir – Suhartina di Pilkada Maros, Dinilai Gabungan yang Melemahkan

Gerinra Sulawesi Selatan

SUARACELEBES.COM, MAROS РChaidir Syam dan Suhartina Bohari dapat dipastingan berpasangan pada pilkada Maros yang digelar 2020 mendatang.

Kepastian tersebut setelah keduanya hadir di DPP PAN menerima langsung rekomendasi tersebut, di Jakarta.

Partai berlambang Matahari Terbit itu menerbitkan rekomendasi kepada Chaidir Syam sebagai bakal calon bupati dan Suhartina Bohari sebagai bakal calon Wakil Bupati Maros.

Direktur Nurani Strategic (NUSA), Nurmal Idrus menilai pasangan tersebut berpotensi saling melemahkan. Memang diketahui keduanya adalah sama-sama dari kader partai yang sama yakni, PAN.

“Pasangan ini berpotensi saling melemahkan. Basis suara mereka relatif sama yaitu loyalis PAN dan Bupati Hatta Rahman,” kata Nurmal Idrus, Jum, (22/11/2019).

Pada pemilihan legislatif Raihan kursi PAN  juga mengalami penurunan kursi yang sangat signifikan. Pileg 2014 lalu, dimana PAN tampil superior dengan mendudukkan 10 wakilnya di DPRD, pada pemilu 2019 perolehan kursinya rontok hanya mendapatian 6 kursi. PAN terkalahkan oleh Golkar di Pemilu 2019.

Sementara tingkat kesukaan pemilih terhadap Hatta Rahman terus turun oleh karena adanya kejenuhan pemilih terhadap klan Hatta. “Tingkat kesukaan pemilih terhadap Hatta Rahman terus turun oleh karena adanya kejenuhan pemilih terhadap klan Hatta,” ujar Nurmal.

Selain itu menurut mantan ketua KPU Makassar itu, pemilih menganggap tak ada terobosan yang signifikan terhadap pembangunan Maros. “Di Maros ada tingkat kejenuhan, pemilih Maros mayoritas menginginkan ada figur baru yang membawa energi baru untuk Maros,” Tutup Nurmal.(*)

Andi Muhammad Fadli