FTI UMI dan FT UMS Sorong Tandatangani Nota Kesepakatan

PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, SORONG – Dekan Fakultas Teknologi Industri (FTI-UMI) Dr. Ir. H. Zakir Sabara HW, ST, MT, IPM, ASEAN Eng dan Dekan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sorong (FT-UMS) Ir. Irman Amri, ST, MT bersama-sama menandatangani Nota Kesepakatan (MoA) di Kampus UMS Sorong, 23 Februari 2019.

Hadir dalam MoA tersebut antara lain Ketua PII Wilayah Papua Barat, Ir. Rokhman, ST, MT, IPM, Ketua PSPPI FTI UMI Ir. Andi Pawennari, IPU, ASEAN Eng dan Sekprodi PSPPI FTI UMI Ir. Taufik Nur, ST, MT, IPM, ASEAN Eng serta dosen dalam lingkup FT-UMS.

Nota Kesepakatan berisi penguatan kapasitas Kelembagaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, juga dukungan pendirian program studi program profesi (PSPPI) insinyur di UMS Sorong. Hingga saat ini perguruan tinggi yang mendapat mandat berjumlah 40 perguruan tinggi. Zakir Sabara menyatakan, Papua dengan kelimpahan SDA serta kemampuan SDM nya yang teruji, sudah saatnya memiliki perguruan tinggi yang menyelenggarakan PSPPI. InsyaAllah dengan semangat “sharing is caring”, kita mendorong UMS Sorong punya Program Profesi Insinyur, tambah Zakir Sabara.

Sejak tahun 2017, UMI telah menjalin kerjasama dengan UMS, dimana setiap angkatan PSPPI FTI UMI, UMS menyekolahkan dosennya untuk mengikuti PSPPI. Pada Angkatan V PSPPI FTI UMI, FT UMS menyumbang lebih dari 30 orang yang terdiri dari dosen dan alumni yang berkiprah di bidang keinsinyuran.

Pada kesempatan tersebut, sejumlah mahasiswa PSPPI Angkatan V FTI UMI dari Kota Sorong mendapatkan pembimbingan dari dosen PSPPI FTI UMI untuk pemenuhan kewajiban penilaian Jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), ujar Zakir Sabara. Sejumlah mahasiswa berasal dari Dinas PU, Bappeda, Balai Kementerian PU Pera, dan Konsultan-Kontraktor di wilayah Papua.

FTI UMI, selain menjalin kerjasama dengan UMS, juga sejak 3 tahun terakhir aktif berkontribusi mengembangkan SDM bidang keinsinyuran di Papua dengan menjalin kerjasama penggunaan fasilitasi laboratorium FTI UMI oleh Universitas Papua dan Universitas Cendrawasih. Kerjasama secara intens juga dengan memfasilitasi Pendidikan Sistem Ganda (PSG) bagi siswa SMKN 1 Sorong.

Dekan FT UMS, Irman Amrin, menyatakan tidak banyak perguruan tinggi yang peduli dan secara ikhlas mengajak untuk berkolaborasi, FTI UMI membuktikan bahwa untuk maju tidak harus melalui kompetisi tapi dapat dilakukan dengan berkolaborasi. Kami menyambut positif dan gembira atas dukungan FTI UMI untuk FT UMS, pungkas Irman Amri.(*)

Andi Muhammad Fadli
Gerinra Sulawesi Selatan