banner dprd mkassar

Berkat Pj Gubernur Bahtiar, Jokowi Akan Bangun Stadion di Makassar, Syamsuddin Umar : Inilah Selama ini Kami Nantikan

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR : Persetujuan Presiden Jokowi yang akan membangun stadion di Sulawesi Selatan mendapat tanggapan haru dari tokoh sepak bola Sulawesi Selatan Syamsuddin Umar. Dihubungi melalui jaringan selular nya, Syamsuddin mengaku terharu saat menonton video Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin yang menyampaikan persetujuan Jokowi membangun stadion di Makassar.

“Terima kasih Pak Bahtiar. Di luar dugaan yah, saya tidak menyangka Presiden Jokowi langsung memerintahkan membangun stadion internasional. Inilah yang selama ini kami nantikan” urai Coach Syam, sapaan akrab Syamsuddin Umar. Sebagai mantan pelatih Timnas PSSI, dia bersama mantan pemain PSM lainnya sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Presiden Jokowi yang sangat memperhatikan dunia sepak bola di tanah air khususnya di Sulawesi Selatan.

“Secara pribadi maupun sebagai masyarakat sepak bola tanah air kami ucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi. Perhatian ini sangat berarti bagi dunia sepak bola di Indonesia Timur” tandasnya.

Bagi Syamsuddin, stadion sepak bola merupakan “lambang” sebuah daerah dalam pentas sepak bola dunia. Apalagi Sulawesi Selatan yang sudah sejak dulu dikenal sebagai surga sepak bola di tanah air. Dapat dibayangkan lanjut Syam kehadiran PSM Makassar melampaui hadirnya induk sepak bola di tanah air yakni PSSI.

“PSM resmi terbentuk tahun 1915 sementara PSSI terbentuk pada tahun 1930” ujarnya. Sehingga jika melirik pada perkembangan saat itu maka dunia sepak bola bagi orang Sulsel adalah bagian dari budaya dan alat perjuangan sebagai pemersatu bangsa. Mantan pelatih yang pernah membawa juara PSM Makassar ini mengandaikan bahwa Sulawesi Selatan itu seperti Argentina yang telah menasbihkan sepak bola adalah budaya.

“Sehingga sangat wajar jika di kota ini berdiri megah stadion taraf internasional. Ini yang kita sangat banggakan. Semoga segera direalisasikan oleh Pak Pj Gubernur apalagi perintah langsung dari Presiden” pintanya.

Sebelumnya pada kunjungan Presiden Jokowi ke Sulawesi Selatan selama dua hari, 21-22 Februari 2024, Pj Bahtiar menceritakan ikhwal persetujuan Jokowi untuk membangun stadion di Sulawesi Selatan. Saat semobil dengan orang nomor satu di republik ini secara tiba tiba Jokowi menyinggung tentang lapangan dan stadion sepak bola di Sulsel. Serta merta Pj Bahtiar pun terkesima dan langsung menyampaikan perkembangan sepak bola saat ini di Makassar khususnya ketiadaan stadion bertaraf internasional.

“Saya sekali lagi tidak bisa menyembunyikan kebahagiaan, karena hal yang sangat lama didambakan masyarakat kita, Insya Allah tahun ini akan diwujudkan oleh Bapak Presiden kita, Bapak Ir H Joko Widodo dan saya sekali lagi sebagai Gubernur sangat berterima kasih,” kata Bahtiar usai mengantar Presiden Jokowi naik ke tangga pesawat kepresidenan menuju Manado Sulawesi Utara, Kamis (22/2/2024).

Syam berharap kepada pemprov Sulawesi Selatan beserta tim yang akan membangun stadion di Makassar agar memperhatikan berbagai aspek baik dinamis maupun yang berhubungan dengan standard FIFA agar tidak bekerja dua kali. Seperti yang pernah dialami oleh Stadion Mattoanging Makassar.

“Sudah direnovasi tetapi taunya tidak memenuhi standard sehingga setiap tahun kita lakukan perbaikan sana sini agar sesuai standard” sebutnya. Sementara aspek lain seperti suasana stadion, toilet yang harus menyesuaikan dengan jumlah penonton, ruang wasit, ruangan inspektur pertandingan. Kalau perlu sebut Syam, stadion ini memiliki empat ruang ganti untuk mengantisipasi terjadinya dua pertandingan jika sewaktu waktu stadion tersebut menjadi venue pertandingan sepak bola nasional maupun internasional.(*)

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *