banner dprd mkassar

Antusias Anak Didik TK Islam Athirah 1 Makassar Dengarkan Dongeng Perjalanan Nabi Muhammad Dalam Satu Malam

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW, TK Islam Athirah 1 Makassar mendatangkan Pendongeng yang handal dengan menyelenggarakan kegiatan edukatif dan menyenangkan bagi para anak didik.

Diadakan pada Jum’at 24 Februari 2024 di Mini Teater Lantai 2 Sekolah Islam Athirah, acara ini dikemas dengan konsep yang menarik dan mudah dipahami oleh anak usia dini.

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh anak didik TK Islam Athirah 1 Makassar serta Tamu Undangan yang dihadiri oleh pengurus BMJ dan FKK TK Islam Athirah 1 Makassar.

Kisah Isra Mi’raj disampaikan dengan menarik disertai mimik dan postur tubuh yang membuat anak-anak tersenyum lebar.

Kisah tersebut menceritakan perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, kemudian dilanjutkan ke Sidratul Muntaha. Suara yang khas pada setiap kisah membuat anak didik semakin antusias mendengarkan perjalanan tersebut.

Kak Mangga (Sapaan Akrab) merupakan salah satu pendongeng di kota Makassar yang membawakan kisah perjalanan Isra Mi’raj yang mudah dipahami dan menarik bagi anak.

“Hadiah apa yang diberikan Allah kepada Nabi Muhammad? Shalat, merupakan hadiah dari Allah. Nabi Muhammad Naik sampai langit ke 7 dan bertemu dengan beberapa Nabi disetiap Pintu. Buroq adalah binatang yang dijadikan kendaraan Nabi Muhammad pada saat Isra Mi’raj,” ujar Kak Mangga.

Setelah mendengarkan kisah tersebut, kak Mangga kemudian mengajak anak didik berinteraksi melalui sesi tanya jawab. Pendongeng tersebut mengajukan pertanyaan seputar urutan peristiwa Isra Mi’raj, seperti kendaraan yang digunakan Nabi Muhammad SAW, tempat yang dikunjungi, dan hikmah yang dapat diambil dari peristiwa tersebut.

Anak didik dengan semangat menjawab pertanyaan yang diajukan. Mereka dengan antusias menceritakan kembali kisah Isra Mi’raj berdasarkan ingatan mereka terhadap kisah yang telah didengarkan sebelumnya.

Suasana penuh keceriaan dan keakraban tercipta selama sesi tanya jawab berlangsung.

Dr. Patris Hasanuddin M.Pd selaku Wakil Direktur Wilayah Kajaolaliddo memberikan kata hikmah diakhir acara, tidak ada yang mustahil jika Allah sudah berkehendak.

“Perjalanan Nabi Muhammad SAW dengan satu malam memakai kendaraan buroq itu mudah bagi Allah, jika Allah sudah berkehendak Allah hanya mengatakan kun fayakun (jadilah maka akan terjadi),” pungkas Pak Patris.

Selain itu, kegiatan ini juga melatih kemampuan berpikir kritis dan komunikasi anak didik. Mereka harus fokus menyimak cerita, mengingat detail penting, dan kemudian mampu menyampaikannya kembali dengan bahasa mereka sendiri.

Acara peringatan Isra Mi’raj di TK Islam Athirah Bukit Baruga ditutup dengan foto bersama.

 

Tim Web TK Islam Athirah 1 Makassar

=====
Sekolah Islam Athirah merupakan salah satu sekolah Islam terbaik di Sulawesi Selatan. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website www.sekolahathirah.sch.id atau hubungi Center of Information Officer (CIO) di nomor 0823-1111-1700.

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *