banner dprd mkassar
Sinjai  

PKM Jurusan Ilmu Akuntansi UNM Bekerjasama dengan Kelurahan Pemerintah Baringeng Sinjai Gelar Pelatihan Untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, SINJAI,- Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) itu salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Oleh sebab itu, Dosen Jurusan Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan kegiatan pengabdian yang bekerjasama dengan Pemerintah Kelurahan Samataring, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai dan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan bertujuan para pelaku UMKM mampu meningkatkan keterampilan dalam membuat laporan keuangan untuk mempermudah lapor pajak.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Ketua Tim PKM, Samirah Dunakhir pada Jumat (21/06/2024) dan dihadiri oleh masyarakat dan pelaku usaha yang memiliki jenis usaha yang beragam di Samataring, Sinjai Timur.

Samirah, yang juga merupakan Wakil Dekan Bidang Akademik FEB UNM mengungkapkan siap membantu para pelaku UMKM dalam kegiatan pelatihan dan konsultasi pengelolaan keuangan. “Kami dari perguruan tinggi, setiap tahun berkewajiban melakukan kegiatan pengabdian seperti ini sesuai dengan keilmuan masing-masing dosen. Sehingga, kami hadir disini siap membantu wajib pajak UMKM agar lebih dimudahkan saat menyusun laporan keuangan untuk pelaporan pajak,” ujar Samirah.
Lebih lanjut Samirah menyampaikan bahwa permasalahan yang sering ditemui oleh para pelaku usaha adalah terkait kemampuan dalam menyusun laporan keuangan, sedangkan kemampuan tersebut idealnya didapatkan dengan pendidikan formal, khususnya di program studi akuntansi. Sehingga, kegiatan pengabdian dosen seperti PKM ini bisa sedikit membantu masyarakat dan pelaku UMKM.

Turut hadir dalam kegiatan itu Ketua Jurusan Ilmu Akuntansi Hariany Idris, Ketua Program Studi Akuntansi Terapan Samsinar Anwar, serta beberapa dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNM seperti Mukhammad Idrus, Nur Afiah, Warka Syachbrani, Nurafni Oktaviyah, Masdar Ryketeng, Ridfan Rifadly Abadi, Lukman Dahlan, serta staf Jurusan Nur Indah Sari dan Amri Ahmad.

Lurah Samataring, Kurniati, menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini sangat penting agar masyarakat mendapatkan edukasi ekonomi yang tepat dan memberi manfaat dalam kegiatan mereka.

“Kami tentunya sangat mengapresiasi dan berterima kasih sebesar-besarnya karena UNM hadir untuk mengedukasi masyarakat secara langsung. Kegiatan ini sangat membantu kami sebagai pemerintah yang membinan pelaku usaha di daerah,” kata Kurniati.

Pada kesempatan yang sama, masyarakat menyambut baik dan antusias atas pelaksanaan kegiatan tersebut. “Saya berterima kasih atas kegiatan ini, kegiatan ini memberikan kami pengetahuan baru tentang usaha” kata Safaruddin, salah satu masyarakat yang hadir.

Pemkot Makassar

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *