Dorong Peningkatan Ekonomi UMKM Ditengah Pandemi, Andi Sugi Inisiasi Pelatihan Tata Boga

PDAM Makassar

SUARACELEBED.COM, SIDRAP – Guna mendorong Peningkatan Ekonomi Keluarga dan UMKM, khususnya Ditengah pandemi Covid-19, Wakil Ketua DPRD Sidrap Andi Sugiarno Bahri menginisiasi para Ibu-ibu di Kabupaten Sidrap untuk berlatih Keterampilan Tata Boga.

Pelatihan tata boga tersebut di ikuti sekira 30 peserta di kelurahan Rijang Pittu, Kecamatan Maritengae, Kabupaten Sidrap, Jumat (25/6/2021), dengan lembaga pelaksana PKM Padia.

Andi Sugi sapaan akrab Andi Sugiarno Bahri itu menjelaskan, pelatihan tersebut bekerjasama dengan Dinas Koperasi, UKM, tenaga kerja dan transmigrasi Kabupaten Sidenreng Rappang.

Lebih jauh politisi Partai Golkar Sidrap ini menjelaskan, digelarnya pelatihan itu berdasarkan aspirasi masyarakat yang ia terima, sehingga ia menginisiasi dengan penganggarannya melalui pokok-pokok pikiran di DPRD.

“Pelatihan ini merupakan implementasi dari aspirasi masyarakat yang kami terima, utamanya kaum ibu-ibu yang ingin meningkatkan kompetensinya dibidang tata boga atau kuliner,” ujarnya.

Dimasa pandemi Covid-19 ini, lanjutnya berdampak pada ekonomi masyarakat, mencari lapangan pekerjaanpun tidak mudah, belum lagi adanya pemutusan hubungan kerja, sehingga kata Andi Sugi kegiatan pelatihan tersebut diharapkan menjadi salah satu solusi bagi masyarakat agar lebih produktif ditengah pandemi.

“Kami menjawab kebutuhan para ibu-ibu ini yang ingin mencari kegiatan tambahan guna membantu ekonomi keluarga, Sehingga kami di DPRD bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk membuat pelatihan,” katanya usai hadir sebagai nara sumber bersama Minawirsyam Kepala Bidang ketenaga kerjaan dalam pelatihan tersebut.

Pelatihan ini menurut Andi Sugi juga sebagai bagian mendukung upaya pemerintah untuk mendorong UMKM dan membuka lapangan pekerjaan ditengah pandemi Covid-19. Selain itu, Kegiatan tersebut juga sebagai ajang silaturrahminya sebagai wakil rakyat dengan konstituen.

Lebih jauh Andi Sugi berharap kepada pemerintah, agar para peserta yang betul-betul memiliki kompetensi diberikan bantuan modal kerja.

“Saya berharap kepada pemerintah bagi mereka yang telah ikut pelatihan, dan kompetensi nya memang sudah layak agar diberikan bantuan modal kerja sehingga mereka bisa mandiri,” harapnya.(*)

Pemkot Makassar SC
Gorontalo SC