Peduli Guru, DPKM Gelar Anugerah Guru Inspiratif

PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR–Dewan Pendidikan Kota Makassar bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Makassar memberi apresiasi khusus bagi guru dengan menggelar anugerah guru inspiratif 2021. Semua guru berhak ikut serta dalam kompetisi yang menyiapkan hadiah total puluhan juta rupiah itu.

Koordinator program anugerah guru inspirasi, Mahmud BM mengatakan kompetisi ini merupakan bukti komitmen dan perhatian pemerintah kota Makassar khususnya Dewan Pendidikan dan Dinas Pendidikan dalam meningkatkan kompetensi guru. Ia mengatakan kompetisi ini akan melahirkan guru-guru inspiratif yang ada di Makassar.

“Kami mengundang para guru hebat Kota Makassar untuk mendapatkan penghargaan sebagai guru inspiratif yakni guru dengan prestasi membanggakan, berdedikasi tinggi, inovatif dan kreatif, cerdas dan berakhlak mulia, sehingga patut menjadi inspirasi bagi guru lainnya,” kata anggota Dewan Pendidikan Kota Makassar itu.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan Makassar itu menambahkan semua guru yang berkualifikasi sarjana baik ASN maupun non-ASN berhak mengikuti kompetisi ini. Menurut dia kategori lomba memang dibagi dua yakni kategori guru ASN dan kategori guru non-ASN.

“Syaratnya semua peserta harus direkomendasikan oleh kepala sekolah masing-masing dan diketahui oleh pengawas sekolah baik untuk guru SD maupun guru SMP, ” kata Mahmud lagi.

Panitia dan tim penilai sudah menyusun dan menentukan aspek penilaian. Mulai dari katalisator dan motivator bidang pendidikan pada lingkungan sekitar, karakter dan perilaku, wawasan kebangsaan, wawasan pendidikan, dan prestasi yang pernah diraih. Karya inovasi dan kreativitas yang monumental seperti KTI, buku, alat peraga, karya seni, atau karya monumental lainnya juga menjadi penilaian.

Seleksi dilakukan dengan beberapa tahap. Mulai dari pemeriksaan administrasi, pemeriksaan portofolio, sampai tes tertulis wawasan kebangsaan, wawasan kependidikan dan kompetensi guru.

Selain itu juga ada presentasi Karya Tulis Ilmiah dan wawancara dan penelusuran rekam jejak peserta. Pendaftaran dimulai pada tanggal 27 Juli 2021 sampai dengan 6 Agustus 2021 bertempat di sekretariat Dewan Pendidikan Kata Makassar, di Jalan Sultan Dg Raja. No 1 Makassar (Depan Puskemas Malimongan baru, pada setiap hari kerja.

“Pengumuman
nominasi pemenang guru inspiratif akan diumumkan pada 2 September 2021. Sedangkan pemberian hadiah dan penghargaan digelar dalam acara penganugerahan guru inspiratif 2021 yang akan dihadiri Bapak Walikota Makassar pada acara puncak Hari Guru Nasional 2021, November mendatang,” kata Mahmud.(*)

Pemkot Makassar SC
Gorontalo SC