Budidayakan Literasi, Sekolah Islam Athirah Melalui GEMA Selenggarakan Pelatihan Kepenulisan

Pemprov-Sulsel-SC PDAM MAKASSAR

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Sekolah Islam Athirah melalui Gerakan Menulis Athirah (GEMA) telah menyelenggarakan pelatihan kepenulisan yang bertujuan untuk membudidayakan literasi yang ada di Sekolah Islam Athirah. Kegiatan ini berlangsung secara hybird, yaitu online dan secara langsung yang diadakan di Ruangan Multimedia Sekolah Islam Athirah Kajaolaliddo, Sabtu (25/9/2021).

Diketahui Tim GEMA ini terdiri atas 4 departemen, yakni Departemen Kurikulum, Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Sekolah Islam Athirah, Humas, dan Human Capital.

Saat ditemui seusai kegiatan, Kepala Departemen Kurikulum Sekolah Islam Athirah, Saharuddin mengungkapkan tujuan dari program ini adalah untuk membudidayakan literasi yang ada di Athirah.

“Dari dulu sebenarnya sudah ada program menulis. Cuman, semakin kesini kita semakin sadar jika tidak terorganisir dengan baik itu bisa hilang. Mungkin ada, tetapi tidak optimal,” ungkap lelaki yang akrab disapa Didin ini.

“Nantinya peserta yang terlibat di GEMA diharapkan bisa menghasilkan naskah karya tulis. Nantinya, hal itu bisa menjadi pendorong bagi yang lainnya,” lanjutnya.

Didin juga mengatakan GEMA ini sangat terbuka dengan potensi yang dimiliki oleh peserta. Dalam artian GEMA tidak mengarahkannya pada genre penulisan tertentu dan peserta bebas memilih genre yang disukainya.

“Jadi untuk karyanya itu terbuka, bisa fiksi ataupun non fiksi, seperti cerpen, puisi, atau jenis prosa lainnya, essai, jurnal, dan opini. Jadi tidak ada batasan,” ujarnya.

Mutmainnah selaku Kepala Departemen Humas ini juga menjelaskan bahwa program ini akan berjalan selama 18 kali pertemuan dengan menghadirkan 6 pemateri.

“Pemateri yang dihadirkan juga berasal dari berbagai profesi, termasuk penulis, praktisi, hingga akademisi. Seluruh pemateri nanti akan membuat silabus yang berisi materi untuk dipaparkan setiap minggunya yang digelar setiap Sabtu, pukul 09.00-12.00 WITA,” jelasnya.

Wanita yang akrab disapa Iin ini juga mengatakan bahwa peserta yang hadir juga berasal dari Sekolah Islam Athirah dan terdiri dari semua unsur unit, mulai dari TK, SD, dan SMA mulai dari wilayah Kajaolaliddo hingga Bone.

“Hanya 25 pendaftar kegiatan ini dibatasi agar efektifitas belajarnya. Selain itu, diskusi dengan tim juga sepakat pesertanya itu 20-25 orang,” ujar Iin.

Tujuan dari kegiatan ini juga bertujuan untuk membantu pemerintah secara umum mengenai literasi, terkhusus dari pengembangannya.

“Disini kita punya goal, yah goal adalah karya buku,” lanjutnya.

Selain itu, Kepala Seksi Litbang, Ibnu Hajar berharap agar program ini bisa menjadi karya dari teman-teman itu sendiri.

“Selain itu, yang menjadi harapan kami adalah beberapa guru atau karyawan lain bisa ikut terdorong untuk mengembangkan diri dalam bidang literasi dan menambah tulisan untuk diterbitkan,” harapnya. (Ainun Muhammad)

BAPENDA Makassar SC
Pangkep SC