Lihat Potensi, Kadis TPH Optimis Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Tolitoli dalam 100 hari kerja Tercapai di Bidang Pertanian

Gerinra Sulawesi Selatan

SUARACELEBES.COM, TOLITOLI – Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Kabupaten, Tolitoli, Rustan Rewa telah melakukan kunjungan di beberapa Desa di Kecamatan Dampal Selatan pekan kemarin. Rustan berkunjung dari sawah ke sawah turut didampingi sejumlah tokoh masyarakat.

Saat tiba di area persawahan, Rustan Rewa menyempatkan berbincang dengan petani. Peningkatan Indeks Pertanaman (IP) merupakan salah satu upaya yang terus dilakukan oleh Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten, Tolitoli, Rustan Rewa untuk meningkatkan produksi padi.

Indeks Pertanaman (IP) adalah rata-rata masa tanam dan panen dalam satu tahun pada lahan sama. Peningkatan IP disetiap wilayah dapat dilakukan optimal lahan, terutama yang berkaitan dengan pengelolaan Sumber daya air, Iklim, Tanah dan Unsure hara secara terpadu, serta melalui pola tanam, baik padi maupun tanaman lainnya.

Rustan mengatakan setelah melakukan kunjungan melihat potensi produktivitas padi di Dampal Selatan, khususnya di Desa Soni, Abbajaren, Lempe, Tampiala dan Kombo serta Bangkir sudah ada yang mencapai diatas lebih 6 ton/ha Gabah Kering Panen (GKP).

“Dari hasil wawancara kelompok kelompok Jabatan Fusional (KJF) produksi padi sudah ada yang mencapai diatas lebih 6 ton/ha Gabah Kering Panen daerah itu,” kata Rustan Rewa (28/02/2021).

Rustan mengatakan Kades Soni dan Kades Abbajaren terus mendorong petani yang ada di Desanya untuk meningkatkan indeks Pertanaman dari IP 200 menjadi IP 300.

“Tentunya saya yang diamanahi tugas tersebut, mengharapkan Desa Desa lain turut serta dalam mendorong Pertanaman seperti yang ada di kedua Desa tersebut” harap Rustan.

Melihat potensi pertanian yang ada Rustan Optimis, Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Tolitoli, Amran Yahya – Bezar Bantilan dalam peningkatan IP dalam seratus hari kerja akan tercapai.

“Insha Allah visi misi bapak bupati dan wakil Bupati dalam 100 hari kerja tercapai di Bidang pertanian, saya berharap dari semua pihak memohon dukungan untuk meningkatkan IP Pertanaman,” ujar Rustan.

Samping itu juga Rustan berharap untuk tanaman hortikultura dapat juga dikembangkan di Kec Dampal Selatan. “Alhamdulillah Kepala Desa Lempe langsung mengaminkan dan siap bersama dengan PPL membangun komunikasi dalam mengembangkan tanaman hortikultura yg ada di Desa tersebut,” tutup Rustan.(*)

 

 

 

Andi Muhammad Fadli