Event Tahunan Pariwisata, Pemkab Bulukumba Bakal Adakan Festival Pinisi ke XII

Pemprov-Sulsel

SUARACELEBES.COM, BULUKUMBA – Festival Pinisi tahun ini memiliki berbagai rangkaian kegiatan, diantaranya Ritual Adat Kajang Andingingi, Ritual Prosesi Peluncuran Perahu Songkabala Ri Bantilang, Ammossi, dan Annyorong Lopi.

Selain itu, ada juga kegiatan yang disebut sebagai Pinisi Sailing Lifetime Achievement, Festival Layang-layang, dan Lomba Mancing.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Bulukumba, Ferryawan Z Fahmi, menyampaikan bahwa Festival Pinisi 2023 akan lebih semarak dari kegiatan sebelumnya dengan adanya beragam rangkaian kegiatan.

Dia juga mengatakan, rangkaian Festival Pinisi akan diawali dengan prosesi adat Andingingi di kawasan adat Kajang pada 25 Oktober 2023.

“Andingingi ini akan menjadi pengalaman budaya yang tak terlupakan bagi mereka mengikuti ritual adat Kajang ini,” ungkap Ferryawan (17/10/2021)

Kegiatan Festival Pinisi 2023 dengan tema “Experience The Word Heritage“ ini diselenggarakan lebih meriah tidak terlepas dari jumlah anggaran yang diberikan juga lebih besar.

Ferryawan berharap agar seluruh masyarakat Bulukumba akan bergabung dan memberikan dukungan penuh agar Festival Pinis berlangsung dengan  sukses.

“Kegiatan ini akan sukses jika masyarakat Bulukumba turut mendukung dan berpartisipasi dalam pelaksanaannya,” ujarnya.

Citizen Repoter : Nurul Ifadah Akmal Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN MAKASSAR