Bulan Ramadhan, MUI Tak Permasalahkan Warung Makan Buka Siang Hari, Asalkan Ikuti Syaratnya

Pemprov-Sulsel

SUARACELEBES.COM, JAKARTA – Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari lagi. Dalam kalender Islam pemerintah menetapkan 1 Ramadhan jatuh pada Sabtu 2 April 2022.

Dalam bulan Ramadhan nanti, salah satu yang menjadi polemik yakni warung makanan yang buka di siang hari saat orang berpuasa.

Dirilis dari CNNindonesia com, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cholil Nafis menilai warung yang menjual makanan tidak perlu tutup saat siang hari di bulan Ramadhan.

Meski begitu, namun pihak Cholil memberikan syarat dimana restoran tersebut tidak memamerkan jualannya terhadap orang-orang yang sedang berpuasa.

“Warung tak usah ditutup jualannya, tapi makannya jangan dipamerkan kepada orang yang sedang berpuasa,” kata Cholil dikutip dari CNNindonesia.com.

Selama ini menurut Cholil, warung makan kerap menutup menggunakan kerai saat Ramadhan tiba. Hal itu semata demi menghormati orang-orang yang menjalankan puasa Ramadan.

Cholil juga menjelaskan saat Ramadhan, ada kalanya orang muslim berhalangan puasa, seperti sakit, haid nifas atau perjalanan jauh yang membutuh kan makanan.

Sebelumnya,bMUI Kabupaten Bekasi, Jawa Barat meminta pemilik usaha kuliner, seperti restoran, kafe, rumah makan, hingga warung kopi di wilayahnya tutup pada siang hari selama bulan Ramadan 1443 Hijriah.