Perkuat Peran Komite Sekolah, Dewan Pendidikan Gelar Rakor

PDAM Makassar

SUARACELEBES.COMM, MAKASSAR — Dewan Pendidikan Kota Makassar (DPKM) menyelenggarakan Rakor Peningkatan Peran Komite Sekolah Dasar Negeri dan Swasta se Kota Makassar, Selasa (29/6) di Hotel Arthama.

Rakor yang melibatkan puluhan komite sekolah di Makassar dan dibuka Wakil Ketua Dewan Pendidikan Kota Makassar, Dr Hj Apiaty Amin Syam.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana, Nasran Mone, penguatan kapasitas bagi komite sekolah harus dilakukan. Mengingat banyak aturan baru terkait pendidikan yang harus disosialisasikan ke orang tua peserta didik.

Mantan anggota DPRD Makassar itu mengatakan, selama ini, fungsi dan peran komite sekolah banyak diabaikan. Karena persoalan itu, Dewan Pendidikan berharap melalui sosialisasi ini, perannya bisa lebih diperhitungkan.

Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Pendidikan Hj Apiaty Amin Syam mengatakan, komite sekolah seharusnya bertugas memberi pertimbangan dalam penentuan kebijakan pendidikan di sekolah. Selain itu, melakukan pengawasan rencana anggaran terhadap belanja sekolah.

Namun dia melihat masih banyak komite sekolah yang merasa tidak dibutuhkan sekolah. Padahal, kapasitasnya sebagai jembatan antara orang tua dan pihak sekolah.

“Jadi peran dan fungsi komite sekolah itu sangat penting sebagai wakil orang tua murid. Keberadaannya sebagai jembatan, ” ungkap Apiaty.

Dia berharap, para komite sekolah yang telah mengikuti rakor, bisa lebih memahami perannya.

“Kami berharap, para komite sekolah yang sempat hadir bisa memanfaatkan momen ini. Materi-materi yang disampaikan narasumber menjadi rujukan dan pegangan untuk bisa mengelola komite sekolah lebih baik lagi, ” tandas Apiaty.

Sejumlah narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan tersebut diantaran Ketua Dewan Pendidikan Provinsi Sulsel Ady Suryadi Culla, Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Ramli Rahim, dan Sawedi Muhammad. Rakor dipandu budayawan Sulsel, Moh Hasymi Ibrahim.(*)

Pemkot Makassar SC
Gorontalo SC