Puluhan Sekolah Dasar Di Makassar Ikut Gerakan “Ayo Hemat Energi”

Pemkot Makassar SC
BAPENDA Makassar SC

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi, menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Program Konservasi Energi di Lingkungan Sekolah Tahun 2017 di Sekolah Dasar Unggulan Monginsidi Makassar, dengan mengundang 30 Sekolah Dasar se kota Makassar (29/08/2017)

Sosialisasi ini telah dilakukan di dua kota sebelum Makassar, yakni Surabaya dan Denpasar. Makassar menjadi kota ketiga penyelenggaraan kegiatan yang telah dimulai sejak tahun 2012 ini

Adapun sosialisasi yang mengusung tema “Ayo Hemat Energi, Potong 10% untuk Energi Berkeadilan” ikut dirangkaikan dengan berbagai macam kegiatan seperti perlombaan pidato, ranking satu dan menggambar poster yang boleh diikuti siswa-siswi sekolah – sekolah yang hadir hari ini.

Agung Prasetyo selaku Kasubdit Pengawasan Konservasi Energi yang mewakili Menteri ESDM menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang akan digelar setiap tahunnya. Setelah Makassar, sosialisasi ini akan dilanjutkan di kota Medan.

Dalam pidatonya, Ia menjelaskan bahwa saat ini penggunaan energi listrik di Indonesia masih tergolong boros, sehingga konservasi energi menjadi sangat penting dilakukan.

“Energi merupakan komoditi strategis bagi suatu bangsa. Sementara Listrik merupakan kebutuhan dasar manusia. Listrik merupakan jendela peradaban menuju kemajuan suatu bangsa. Dengan adanya listrik maka kegiatan belajar mengajar, komunikasi, transportasi dan pelayanan kesehatan serta proses pembangunan dapat berjalan lancar,”

Hasil kajian yang dilakukan Kementerian ESDM menunjukkan bahwa dengan konservasi energi, maka potensi penghematan bisa mencapai 35%. Untuk itu, sosialisasi kepada anak-anak usia SD ini merupakan salah satu upaya Kementerian ESDM menanamkan paradigma hemat energi sejak dini kepada anak-anak, sekaligus untuk membangun generasi baru yang hemat energi.

Usai dibuka secara resmi, sosialisasi dilanjutkan dengan melaksanakan perlombaan yang di gelar di 8 ruangan kelas di SD Unggulan Monginsidi Makassar. Sementara untuk siswa-siswi yang tidak mengikut perlombaan bisa menyaksikan hiburan lain seperti magician, story telling dan hiburan musik.

Kegiatan sosialisasi oleh Kementrian ESDM ini turut dihadiri 60 Guru Pendamping dan pihak Dinas Pendidikan Kota Makassar. Gerakan Hemat Energi “Potong 10%” merupakan aksi bersama oleh pemerintah, pelaku bisnis/industri /asosiasi, akademisi, organisasi masyarakat sipil, dan individu untuk melakukan upaya penghematan energi.

Badan Intelijen Negara
Pangkep SC