Lewat GERMAS Aliyah Mustika terus Massifkan Gerakan Hidup Sehat untuk Peningkatan Kualitas Kesehatan

Pemprov-Sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Anggota Komisi IX DPR RI, mengajak seluruh masyarakat untuk berkomitmen bersama mendukung pembudayaan gerakan hidup sehat, demi peningkatan kualitas kesehatan.

Hal ini ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama seluruh peserta sosialisasi Germas, yang digelar di Hotel KHAS, Sabtu (28/10/2023), yang bekerja sama dengan kementerian kesehatan RI.

“Untuk meningkatkan kualitas kesehatan, ada beberapa poin yang harus dilakukan secara bersama, agar menciptakan lingkungan yang sehat. Diantaranya membiasakan aktivitas fisik, konsumsi gizi seimbang, melakukan perilaku hidup bersih dan sehat, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, cek kesehatan secara rutin, serta tidak merokok,” tutur Aliyah Mustika Ilham.

Sosialisasi ini menghadirkan Kepala Dinkes Prov Sulsel, Dr dr H Muhammad Ishak Iskandar,M.Kes,MM,MH, Kabid KSPK Dinkes Kota Makassar, drg Adi Novrisa, serta Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Yemima Ester,S.Sos,M.Km.

drg Adi Novrisa, dalam kesempatan tersebut menyampaikan agar masyarakat dapat melakukan cek kesehatan secara rutin dengan mengunjungi puskesmas terdekat.

“Jangan ragu untuk mengunjungi puskesmas, lakukan cek kesehatan secara rutin dapat mendeteksi penyakit tidak menular lebih dini. Hal yang berbahaya bagi kesehatan jika terjadi komplikasi pada penyakit tidak menular,” tuturnya.

Adapun komitmen bersama yang disepakati terdapat beberapa poin yakni kesediaan bersama untuk mendukung pembudayaan germas dengan selalu melakukan perilaku sehat, mendukung percepatan penurunan dan pencegahan stunting, mendukung pencegahan penyakit tidak menular (PTM), tetap patuh protokol kesehatan dan melengkapi vaksin covid 19, serta menjadi agen perubahan melalui penyebarluasan informasi kesehatan untuk melindungi keluarga dan masyarakat dari masalah kesehatan. (*)