Beri Bantuan Alsintan di Bantul, Mentan SYL Harap Petani Tingkatkan Produksi Pertanian

PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR -Kementerian Pertanian membuktikan komitmennya untuk mendukung aktivitas pertanian. Bukti tersebut berupa penyaluran alat dan mesin pertanian (Alsintan), yang salah satunya diterima Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Alsintan yang diberikan untuk sejumlah kelompok tani itu, terdiri dari hand traktor, power threser, dan pompa air. Selain Kementan, bantuan ini juga berasal dari APBD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan Alsintan harus bisa dimaksimalkan untuk mendukung pertanian.

“Dengan bantuan Alsintan yang telah diberikan, kita berharap ada peningkatan produktivitas. Sehingga pendapatan petani juga bisa bertambah. Dengan demikian, bantuan ini akan menjadi tepat sasaran,” tutur Mentan SYL, Jumat (30/4/2021).

Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy, mengatakan Alsintan akan membuat aktivitas bertani lebih efisien.

“Dengan Alsintan, pertanian akan jauh lebih efektif dan efisien. Selain itu, Alsintan bisa menekan biaya produksi, karena lebih sedikit melibatkan tenaga manusia,” katanya.

Sarwo Edhy menjelaskan Penggunaan Alsintan adalah salah satu ciri dari pertanian modern. Sementara jika dilakukan dengan cara tradisional, kegiatan olah tanah bisa memakan waktu berhari-hari dan membutuhkan beberapa orang.

“Tapi dengan traktor roda dua atau roda empat, olah tanah cuma memakan waktu beberapa jam dengan seorang operator,” ucapnya.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih, menyebut bantuan Alsintan kepada Kelompok Tani merupakan salah satu strategi dalam mendongkrak produksi pertanian.

“Kami melihat pemberian bantuan alat mesin pertanian ini adalah salah satu strategi menyempurnakan manajemen teknis guna mendongkrak produksi pertaniannya,” tutur Abdul.

Bupati juga mengatakan penggunaan alat mesin pertanian dalam pertanian sudah tidak bisa diabaikan, karena salah satu ciri pertanian modern adalah menggunakan alat mesin pertanian, dari hulu hingga hilir. Dia mengatakan dengan cara ini, peningkatan produksi bisa dilakukan, karena alat mesin pertanian mampu menekan kerugian dan juga membuat pertanian menjadi efisien.

Sementara itu, Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) DIY, Andi Nawa Candra, mengatakan bantuan Alsintan dari APBD DIY dan Kementerian Pertanian yang diserahkan kepada Kelompok Tani Bantul terdiri atas traktor, power threser, dan pompa air.

“Harapannya Alsintan ini dipelihara, dimanfaatkan bersama-sama dengan anggota lain, dan dirawat jangan sampai mangkrak. Setelah menerima Alsintan ini, apabila ingin mengajukan bantuan untuk peningkatan produksi dan sebagainya, silahkan mengajukan ke DPKP DIY atau Bantul,” katanya.(*)

Pemkot Makassar SC
Gorontalo SC