banner dprd mkassar
Mamuju  

Turut Ramaikan Festival Sandeq 2022, Rektor UNM Prof Husain Syam Turunkan 2 Perahu

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, MAMUJU – Setelah 2 tahun vakum, akhirnya Festival Sandeq 2022 telah diselenggarakan kembali, kali ini perahu khas Tanah Mandar itu akan berlayar hingga ke Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berada di Kalimantan Timur bertemakan Indonesia Dukung IKN.

Menurut Akmal Malik selaku Pj Gubernur Sulawesi Barat membenarkan hal tersebut dan ingin juga menghadirkan sebuah maha karya yang hebat dengan berlayar hingga ke IKN.

“Ini menjadi lebih menarik karena setelah vakum 2 tahun, kemudian adanya IKN, kita ingin menghadirkan maha karya maritim ini menjadi hebat dan itu kenapa kita coba kompatibelkan dengan hadirnya IKN,” katanya, Sabtu (27/08/2022).

Dia juga menjelaskan bahwa kegiatan ini bukan hanya sekedar balapan perahu biasa, melainkan dikemas dengan event-event budaya.

“Selama ini kan kita laksanakan dalam bentuk Sandeq Race, nah sekarang kita kemas dalam bentuk event yang tidak hanya balapan saja, tapi juga ada event budaya yang kita buat. Pada akhirnya nanti ini menjadi sebuah rangkaian kolaborasi antara sport and culture,” jelas Akmal.

Akmal berharap agar Festival Sandeq ini tidak hanya terkenal secara nasional, melainkan juga secara internasional.

“Karena nanti finisnya di IKN, pada akhirnya seluruh indonesia dan seluruh dunia akan tahu ternyata Sulbar itu punya event yang hebat. Itulah kenapa kita arahkan ke IKN agar penjuru Tanah Air tahu bahwa Sulbar itu memiliki maha karya budaya luar biasa yang tidak dimiliki provinsi lain di Indonesia,” harapnya.

Selain itu, Prof. Husain Syam selaku Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) yang akrab disapa dengan PHS ini juga ikut terlibat dengan menurunkan dua Perahu Sandeq miliknya.

Kedua Perahu Sandeq milik PHS yang ikut serta dalam Sandeq race ini diberi nama Insya Allah Merpati dan Merpati Putih yang akan berlayar hingga ke IKN nantinya.

Nantinya, 35 peserta yang ikut dalam Sandeq Race ini akan berada diantara Pulau Salissingan – Pantai Manggar Balikpapan pada 6 Agustus 2022 mendatang.

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *