Andryansyah Putra Maros, Merajut Mimpi Berkarir di Eropa Lewat IBERCUP

Ketgam: Andriansyah ( paling kanan) bersama rekan setimnya saat memperkuat timnas PSSI pelajar di IBERCUP 2019 Portugal.

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Dari sebuah rumah kecil yang terletak di ujung timur lapangan sepakbola pakalu kelurahan kalabirang kec. Bantingmurung kab. Maros, 16 tahun silam lahir seorang anak yang akhirnya tumbuh menjadi pesepakbola muda dengan talenta berbakat. Punggawa Garuda muda yang terus berusaha mengharumkan nama Indonesia di kancah sepakbola dunia.

Namanya andryansyah. Bungsu dari 2 bersaudara buah hati dari pasangan H. Haeruddin saibu dan hj. Ramliah.

DNA sepakbola sudah mengalir kental di keluarganya. Pamannya, Nasyir syaibu tercatat pernah menjadi bintang PSM di era Ligina 1995. Sementara ayahnya Haeruddin saibu adalah mantan wasit nasional Indonesia di era indonesia super league ( ISL).

Diusianya yang masih belia, Andri telah berhasil memikat perhatian talent scouting PSSI timnas pelajar U-15, yang diisi oleh pemain hebat dimasanya diantaranya yaitu firman Utina dan M. Ridwan saat tengah memperkuat akademi Bank Sulselbar dalam turnamen piala Menpora U-14 2018 lalu.

Setelah melalui tahapan seleksi yang ketat, akhirnya pemain berkaki kidal ini berhasil lolos dan tercatat dalam skuad timnas PSSI pelajar hingga saat ini.

Terpilih memperkuat timnas PSSI pelajar, Andry didapuk mengenakan Jersey dengan nomor punggung 21 dan fasih menempati posisi sebagai defender ataupun gelandang.

Kepercayaan yang diberikan pun dibayar lunas dengan senantiasa menampilkan permainan yang konsisten bagi timnya. Salah satu prestasi gemilang yang berhasil diukirnya yakni membawa timnas PSSI pelajar U-15 keluar sebagai juara dalam turnamen Badung IFC U-15 2019 di bali. Kejuaraan internasional yang diikuti oleh cina , Jepang , Malaysia dan Korea. Selain gelar juara, Andri juga meraih penghargaan individu dengan menyabet gelar pemain terbaik talented defender.

Memori yang tidak bisa terlupakan di benak pelajar SMA 4 PGRI bantingmurung kab. Maros ini adalah saat bisa merumput di Eropa. Andri ikut memperkuat timnas PSSI pelajar U 15 dalam turnament IBERCUP di Portugal 2019 lalu. Bermain di negara asal pemain terbaik dunia Cristiano Ronaldo ini , Andri nyaris membawa timnas meraih juara jika tidak ditumbangkan oleh Spanyol dengan skor 2-1 di laga semifinal. Timnas pun harus puas menempati posisi ke 3.

Meskipun gagal menjadi juara, hasil tersebut sudah cukup buat Andri dan kawan kawannya membuktikan bahwa Indonesia bisa bersaing dengan tim Eropa yang notabene akademi persepakbolaannya berjalan lebih baik.

” Saya bangga dan terharu bisa mewujudkankan mimpi bermain di Eropa, apalagi bisa bersaing dengan negara negara terbaik di Eropa”, ujar Andry.

Berhasil lolos sebagai semifinalis, membuat timnas PSSI pelajar berhak mengikuti jenjang kompetisi yang lebih diatas yakni IBERCUP ELITE di Estoril Portugal pada bulan Maret 2021 mendatang. Kompetisi tersebut bergengsi dimana timnas akan bersaing dengan tim akademi Junior dari klub besar dunia di level Elite seperti Paris Saint Germain, Barcelona, Manchester United dan lainnya.

Untuk menghadapi turnament tersebut , Andry dan kawan kawan tengah menjalani pemusatan latihan atau TC di Bandung Jawa barat, di bawah pengawasan pelatih kepala Rochi Putiray dan asisten pelatih Aples Gideon Tecuari, yang juga legenda sepakbola indonesia.

Andry yang ditemui di kediamannya Kamis 31 Desember 2020, saat sedang menjalani masa libur latihan mengungkapkan harapannya dapat meraih hasil yang maksimal di Portugal. Mendapatkan kesempatan memperkuat timnas Indonesia dan berlaga di dikompetisi junior Eropa, bagi Andry adalah impiannya sejak kecil. Ia mengaku mendapatkan pelajaran dan pengalaman berharga untuk mendukung karirnya sebagai pemain sepakbola profesional.

Ketgam: Andriansyah ( paling kanan) bersama rekan setimnya saat memperkuat timnas PSSI pelajar di IBERCUP 2019 Portugal.

” Bermain di Eropa adalah impian saya sejak kecil, semoga bisa terwujud dan membuat bangga orang tua saya dan kab. Maros tercinta”, ungkap Andry.

Berkat bakatnya ,Jebolan SSB pakalu ini mengaku sudah mendapatkan tawaran dari klub profesional Indonesia seperti Persija dan tim Liga 3 Indonesia wanalbintuka. Namun ia tetap memelihara asa untuk bisa menjalani trial atau ujicoba di klub klub Eropa untuk mewujudkan mimpinya bermain di kancah sepakbola dunia.

Prestasi yang berhasil ditorehkan oleh Andry mendapatkan apresiasi dari ketua askab PSSI kab. Maros Yusdal Yusuf. Ia berharap Andry dan kawan kawannya dapat mengharumkan nama Indonesia di portugal nanti.

Yusdal menegaskan apa yang diraih oleh Andry menjadi bukti kab. Maros juga memiliki talenta pemain sepakbola yang berbakat jika dikembangkan dengan baik.

” Saya kira ini kebanggaan bagi kita kab. Maros , ini bisa menjadi langkah awal bagi kita untuk meningkatkan persepakbolaan di Maros untuk melahirkan bibit bibit unggul lainnya” ,ungkap yusdal.(*)

PEMKOT-Makassar