Medsos NIVI Unggul saat Debat, Sebab Gunakan Konsep Pilpres

PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, MAKALE – Tim Komunikasi dan kreativ Pasangan calon nomor urut 2, Nicodemus Biringkanae – Victor Datuan Batara menerapkan konsep Komunikasi Digital Pilpres 2018 lalu. Yakni memindahkan setiap pesan melalui program dari pasangan Nico-Victor ke bentuk kreativ digital.

Konsep digital yang diterapkan oleh tim komunikasi digital & kreativ NIVI tersebut diterapkan oleh 2 pasangan pada Pilpres 2018 lalu, tim Jokowi-Ma’ruf dan tim Prabowo – Sandiaga. Selain membentuk tim yang solid dengan manajemen yang rapi, tim NIVI terus melakukan pemantauan terhadap proses debat berlangsung terutama terhadap pesan yang disampaikan oleh kandidatnya. “Kami menyampaikan pesan atas apa yang Pak Nico dan Pak Victor utarakan saat debat” ujar Itha Wijaya, dari Posko Tim Komunikasi & Kreativ NIVI,Rabu 2 Desember 2020. Ia menjelaskan, bahwa konsep tersebut merupakan ide kreativ dari tim mereka agar membantu pasangan NIVI menyampaikan sesegera mungkin atas pesan konten yang di produksi oleh timnya “Apalagi sekarang era digital. Pesan konten itu sangat penting bagi pengguna media digital. Di tengah kesibukan mereka dan pada teman teman milenial. Hadirnya konten digital tentu akan membantu mereka mengenal lebih dekat program kandidat kami” urai Itha.

Maka dari itulah lanjut Itha, sejak Debat Publik pertama Pilkada Tana Toraja, mereka menerapkan konsep digital Pilpres Indonesia. “Kami hadirkan desain kreativ dalam bentuk meme, vidio vidio kreativ atas apa yang disampaikan oleh kandidat kami” imbuh Itha. Ini akan penting lanjut Itha, agar saat Nico-Victor kelak terpilih pada pencoblosan yang berlangsung 9 Desember 2020 nanti, masyarakat akan dengan mudah menagih janji atas program yang telah NIVI sampaikan pada saat debat. “‘Masyarakat memiliki bukti yakni jejak digital. Dan NIVI pasti paham itu. Sehingga tidak akan mungkin mengingkari janjinya.” tandas Itha, yang juga dosen muda di Tana Toraja.

Selain itu, Itha juga menjelaskan bahwa dalam melakukan campaign melalui media sosial, tim Medsos NIVI tidak lebih banyak menciptakan konten yang sifatnya Branding dan kampanye positif bagi kandidatnya. “Sepanjang 2016, NIVI telah bekerja dan menghasilkan maha karya yang bagi Tana Toraja. Tentu melalui media sosial kami manfaatkan guna menyampaikan pesan keberhasilan tersebut kepada masyarakat. Ketimbang melakukan Black Campaign atau hoax. Kaki fokus pada brand dan program NIVI” tegas Itha.(*)

Pemkot Makassar SC