banner dprd mkassar

Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Taufik El Hakim Sadiki Buka Bintek Penerapan Aplikasi Srikandi

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, GORONTALO – Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Taufik El Hakim Sadiki, SE.,MM. menghadiri dan membuka kegiatan bimbingan teknis pendampingan penerapan aplikasi Srikandi dilingkungan pemerintah daerah provinsi/kabupaten/kota se-Gorontalo yang bertempat di Grand Q, Rabu (2/8/2023).

Sebagaimana amanah Undang-Undang nomor 43 tahun 2009 tentang kearsipan dan peraturan pemerintah nomor 28 tahun 2012 tentang kearsipan bahwa dinas kearsipan dan perpustakaan provinsi Gorontalo selaku lembaga kearsipan daerah (LKP) memiliki tugas dan fungsi di bidang pembinaan, pengawasan dan pengolaan ARSIP dilingkup provinsi Gorontalo serta di lembaga Kearsipan daerah LKD kabupaten kota.

Taufik L Hakim Sidiki menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada ANRI yang memilih provinsi Gorontalo sebagai penyelenggara bimbingan teknis pendampingan penerapan SRIKANDI dan bagi provinsi Gorontalo.

“Sebagai informasi aplikasi SRIKANDI ini kita sudah terpakai, kita sudah terapkan di beberapa OPD, beberapa juga sudah berlangsung dan Sudah digunakan di sekretariat setda provinsi. Disitu semua biro ikut”, ucap Taufik Sadiki.

Ia juga berharap bahwa sesuai arahan gubernur, semua harus mengikuti ini, karena aplikasi ini sangat penting untuk penerapan informasi dan sebagainya.

Menurutnya Taufik Sadiki, secara tetap di penyelenggaraan teknis ini di Gorontalo ini dihadirkan aplikasi SRIKANDI di provinsi Gorontalo kota beserta dari kabupaten.

“Sebagaimana di ketahui bahwa urusan kearsipan merupakan urusan wajib dan pelayanan dasar yang menunjang program pemerintah terutama dalam bidang tata kelola pemerintahan dan informasi komunikasi”, jelasnya.

Selain itu, kearsipan juga telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat terutama dalam penyelamatan arsip, arsip keluarga, arsip perlindungan dan arsip penting lainnya. Sehingga akan meningkatkan kebutuhan transparansi digital kearsipan guna memperkuat dan mempermudah pelaksanaan aktifitas kearsipan. Kata Taufik Sadiki dalam sambutannya.

“Penyelamatan arsip penting di Gorontalo adalah yang pertama masih adanya adat istiadat sumber tentang sultan amai, kedua kemerdekaan Gorontalo. Kita merdeka 23 januari tahun 1942 duluan dari kemerdekaan Indonesia. Ketiga, pembentukan provinsi Gorontalo”.

Ia juga menambahkan bahwa sebagai upaya mewujudkan dan mensosialisasikan dan sekaligus menerapkan aplikasi yang dinamakan Sistim Informasi Kearsipan dinamis terintegrasi (SRIKANDI).

“Aplikasi Srikadi ini sebagai implementasi sebagai peraturan presiden nomor 95 tahun 2018 tentang sistim pemerintahan berbasis elektronik atau SPBE yang bertujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, tertib, transparansi dan akuntabel serta pelayanan publik yang bertintegritas dan terpercaya” Ungkapnya.

Dra. Satriani selaku arsiparis dan penanggunjawab mengucapkan selamat datang kepada peserta bimbingan teknis pendampingan penerapan aplikasi srikandi tahun 2023 dan tersebut.

“Bimbingan teknis implementasi arsip terintegrasi tahun 2023 dihadiri oleh peserta 21 orang yang berasal dari organiasi perangkat daerah pemerintah daerah provinsi kabupaten kota se Gorontalo yang merupakan salah satu wilayah yang diambil kearsipan khususnya desa binaan Sulawesi dan dan Nusa Tenggara Barat”, ungkapnya saat laporan kegiatan.

Adapaun narasumber pada bimtek pendampingan penerapan aplikasi srikandi berasal dari ANRI RI adalah Moh. Sholeh, S.Ap.,M.A.P dan Esy Lukito Dewi, S.Hum.(*)

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *