Sosper di Ujung Tanah, Debbie Rusdin Ingatkan Warga Cegah Terjadinya Stunting pada Anak

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Anggota DPRD Sulawesi Selatan dari fraksi Golkar,  Debbie Purnama Rusdin menegaskan kepada warga  Kecamatan Ujung Tanah, Khususnya Ibu rumah tangga agar mencegah terjadinya stunting pada anak.

Stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama. Hal ini terjadi karena asupan makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi.

Ini disampaikan Debbie Purnama Rusdin saat melakukan sosialisasi penyebarluasan perda provinsi Silawesi Selatan, No 6 tahun 2020 tentang air susu eksklusif, berlangsung di Aula Panti Asuhan Sejati, Jl Cakalang V Makassar, Jumat (04/12/ 2020).

“Sebagai orang tua, saat menyusui beri asi eksklusif yang sehat pada balitanya. Saat masih menyusui komsumsi makanan yang bergizi agar tumbuh dan berkembang secara optimal dan maksimal. Jangan sampai anak kita stunting,” ujar Debbie Rusdin.

Dokter,  Fenty Nisa Nur Amalia yang turut hadir sebagai pembicara menjelaskan tentang asi eksklusif.

“Yang namanya asi eksklusif itu, bayi hanya mengkomsumsi air susu ibu selama enam bulan, tanpa  susu formula,’ ucap Dokter,  Fenty Nisa Nur Amalia.

Menurut Dokter,  Fenty Nisa Nur Amalia asi eksklusif sangat bagus untuk kesehatan bayi, karena tidak gampang terserang penyakit.

“Jika langsung gunakan susu formula, Bayi lebih gampang terserang penyakit dan gampang sakit. Manfaat asi esklusif sangat aman dan baik untuk sistem pencernaan dan perkembangan otak anak dan anti body lebih baik,” jelas Dokter,  Fenty Nisa Nur.

Sosialisasi perda ini juga turut dihadiri oleh Kapolsek Ujung Tanah, AKP Ridwan Saenong yang memantau langsung jalannya acara tersebut, menerapkan protokol kesehatan Covid-19.(*)

 

PEMKOT-Makassar