Bertemu Kapolres Toraja, Rektor UKIP Bicara SDM dan Kuliah Pascasarjana untuk Polisi

Pemkot Makassar SC

SUARACELEBES.COM, MAKALE – Universitas Kristen Indonesia-Paulus (UKI-P) Makassar membuka peluang bagi anggota Kepolisian (Polres) Tana Toraja untuk menempuh pendidikan pascasarjana.

Peluang kuliah hingga program doktoral itu terungkap dalam pertemuah Rektor UKI-Paulus Makassar, Prof Dr Agus Salim SH MH, saat berkunjung ke Polres Tana Toraja belum lama ini.

Prof Agus Salim menemui Kapolres Tana Toraja, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Sarly Sollu, didampingi pengurus Senat UKI-Paulus Prof Dr Jonie Tanijaya (Ketua Pascasarjana), Peof Apriana Toding Phd (Ketua LPPM), Dr Corvis L Rantererung (Sekretaris UKI-Paulus), dan Dr Yoel Pasau (Wakil Rektor).

Pertemuan untuk membahas kerjasama kedua institusi itu termaktub beberapa kesepahaman. Di antaranya pengembangan sumber daya manusia (SDM), keamanan, pembangunan, hingga peluang mengikuti perkuliahan hingga doktoral bagi anggota Polres Tana Toraja.

UKI-Paulus sebagai lembaga universitas bertanggung jawab menyelenggarakan dan melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Sementara itu, polri sebagai institusi polres di daerah bertanggung jawab mengembangkan sumber daya pendukung pembangunan dan pengembangan perguruan tinggi terutama di Kabupaten Tana Toraja.

Polres juga bertanggung jawab dalam pengembangan SDM Polri sebagai pelindung, pengayom, dan pelayanan masyarakat dalam bidang keamanan, ketertiban, dan penegakan hukum.

Kapolres Tana Toraja, AKBP Sarly Sollu, menyambut baik kerjasama dengan pihak UKI-Paulus Makassar dalam mewujudkan Visi dan Misi Polri yang senantiasa bersinergi untuk mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Ruang Lingkup Nota Kesepahaman antara lain, penyelenggaraan kegiatan ilmiah, seminar dan lokakarya dalam peningkatan kapasitas dan bimbingan teknis (BIMTEK). Adapula peningkatan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia dalam bentuk studi lanjut S1, S2, dan S3 bagi anggota polisi dalam lingkup Polres Tana Toraja,” jelas Sarly yang oernah menuntut ilmu intelijen di Israle dan pendidikan Program Sandwich di Perth, Australia.

Sarly yang sempat menjadi asisten dosen hukum di Universitas Padjadjaran Bandung ini bahkan berencana melanjutkan studi doktoral (S3) bidang ilmu komunikasi.

Kapolres Sarly sempat menceritakan kondisi kesehatannya dan mengklarifikasi berita media yang sempat viral di masyarakat bahwa dirinya positif Covid-19. Ternyata, hasil swab PCR Negatif dengan memperlihatkan selembar surat hasil pemeriksaan laboratorium RSUD Lakipadada.

Di akhir pertemuan, Rektor Prof Agus Salim menyampaikan ucapan selamat hari Bhayangkara ke-75 serta mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kapolres Tana Toraja yang dengan gigih menekan angka penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tana Toraja serta kebijakan memberantas tindakan kejahatan oleh tim yang dibentuk bernama “Tim Batitong Maro”.(*)

PDAM Makassar
Pangkep SC