banner dprd mkassar

Diduga Banyak yang Tidak Layak, Penjagub Gorontalo Bakal Lakukan Pengecekan Angkutan Umum

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, GORONTALO – Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya akan mengecek angkutan sewa yang operasionalkan untuk layanan bus sekolah, wisata, BRT dan layanan perintis.

Pengecekan angkutan yang dibiayai Pemprov ini diungkapkannya saat menggelar rapat konsolidasi bersama Dinas Perhubungan serta Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Gorontalo, Selasa (05/09/2023).

“Nanti tolong jadwalkan, saya mau coba mobil yang disewa itu Pak Kadis. Kita sewa kendaraan itu milih yang bagus, kalau tidak mending kita beli sendiri,” ungkap Ismail.

Mendengar isu yang beredar di masyarakat, bahwasannya angkutan sewa tersebut kurang layak. Menurut Ismail, angkutan sewa sendiri tidak dijadikan aset karena pemeliharaannya yang sulit. Untuk itu, ia minta kelayakan angkutan sewa harus bagus.

“Nanti ingatkan perusahaannya, jangan sampai hanya pada saat penandatanganan kontrak dibikin bagus tapi setelahnya dibiarkan begitu saja,” ujar Ismail.

Terkait angkutan oleh pemprov ini dibagi atas dua kategori yakni disewakan melalui e katalog dan layanan angkutan perintis khusus daerah terpencil. Berdasarkan E Katalog Provinsi Gorontalo, dari 24 etalase produk, terdapat delapan yang sudah bertransaksi salah satunya sewa kendaraan sebesar Rp594,8 juta.

Dua lintasan aglomerasi BRT diantaranya terdapat koridor 1 Suwawa – Kota Gorontalo via City Mall dan Pasar Sentral. Koridor 1.2 Suwawa – Kota Gorontalo via Rumah Sakit Aloei Saboe. Kemudian dua lintasan menunjang Obyek Wisata Unggulan dimulai yakni Gorontalo – Pentadio – Lombongo dan Gorontalo – Botubarani – Botutonuo.

Berikut ada lima lintasan perintis terdiri dari Gorontalo – Pangea, Gorontalo-Poduwoma, Gorontalo – Mongiilo, Gorontalo-Dulamayo dan Gorontalo-Botupinge/Poligon-Bondawuna.

Terakhir layanan bus siswa gratis terdapat di SMA Negeri 1 Biluhu Kabupaten Gorontalo, SMA Negeri 1 Kabupaten Bone Bolango, SMAN 4 Gorontalo Utara, SMK Negeri 1 Taluditi dan SMK Negeri 1 Wanggarasi.

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *