banner dprd mkassar

Pertanian Hidroponik Memanfaatkan Energi Baru Terbarukan Pada Kelompok Budidaya Ikan Koi di Desa Bongopini

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, GORONTALO – Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM), merupakan salah satu skema pengabdian kepada masyarakat oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang dibawakan oleh tim Universitas Ichsan Gorontalo. Rabu (6/9/2023).

Tim ini diketuai oleh salah satu dosen fakultas Teknik Universitas Ichsan Gorontalo yakni Steven Humena, S.T.,M.T dengan anggota tim dosen Fakultas Pertanian dan Fakultas Ekonomi Universitas Ichsan Gorontalo.

Teknologi yang diterapkan memanfaatkan energi baru terbarukan (Solar Panel) yang digunakan pada model pertanian hidroponik. Sasaran dari program ini yaitu kelompok budidaya ikan Koi dengan tujuan diversifikasi pendapatan atau sebagai sumber pendapatan baru bagi kelompok tersebut.

Sebagai ketua tim Steven Humena, S.T.,M.T menyampaikan bahwa pemanfaatan energi baru terbarukan dalam pertanian merupakan kolaborasi lintas keilmuan antara ilmu Teknik Elektro dan pertanian yang dapat menunjang kebutuhan energi pada sistem pertanian organic”.

Selain itu, Dr. Ariawan S.E.,MM dosen Pascasarjana Manajemen Universitas Ichsan Gorontalo selaku anggota tim juga menyampaikan bahwa kegiatan pertanian hidroponik pada kelompok ikan koi di Desa Bongopini Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango menumbuhkan usaha baru bagi pelaku usaha ikan koi yang selama ini hanya berfokus pada satu jenis usaha.

Instalasi hidroponik dan solar panel telah rampung dan terpasang dengan tanaman selada yang tumbuh subur yang terpasang di atas kola ikan koi.

Sebelumnya, telah diaksanakan beberapa kegiatan sosialisasi, pelatihan dan penyuluhan, seperti penyuluhan pemasaran dan penyuluhan pertanian hidroponik serta pengenalan energi baru terbarukan.(*)

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *