Tim Relawan Prof Husain Syam Dicegat Warga di Pasangkayu

PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, SULBAR – Relawan Prof Husain Syam yang sejak 19 April lalu menggelar ‘Program Bersih Masjid’ di Sulawesi Barat, dicegat oleh sekelompok anak muda saat melintas di Desa Tikke, Kecamatan Tikke Raya, Pasangkayu, Mamuju Utara, Kamis, 6 Mei 2021.

Saat itu, para relawan tengah dalam perjalanan pulang ke Makassar dari Suremana, Mamuju Utara yang menjadi titik akhir kegiatan.

Sejumlah kendaraan roda empat yang dikendarai para relawan dihentikan oleh sekelompok pemuda tersebut. “Tapi kami malah bersyukur karena dicegat. Rupanya mereka mendengar kabar kalo kami menggelar aksi bersih masjid. Makanya mereka menghentikan kami dan minta tolong agar kami membersihkan AC di Masjid Raya Al Mujahidin Desa Tikke,” jelas Koordinator Relawan The Profesor, Maulana Yusdianto.

Maulana menambahkan, meski ‘Program Bersih Masjid’ sebenarnya secara resmi telah berakhir di Suremana sejak Rabu kemarin, namun ia dan para relawan lainnya tak mempersoalkan. “Nda masalah. Malah kami bersyukur karena saat perjalanan pulang, kami masih bisa membersihkan masjid. Total ada 12 AC yang tadi kami bersihkan di Masjid Raya Al Mujahidin,” papar Maulana.

Relawan Prof Husain Syam memulai ‘Program Bersih Masjid’ dengan mengambil titik start di Paku (berbatasan dengan Kabupaten Pinrang, Sulsel) sampai Suremana di utara yang berbatasan dengan Kabupaten Donggala Sulteng. “Total jarak yang kami tempuh sekitar 528 km. Adapun dalam kegiatan ini, alhamdulillah kami berhasil membersihkan sebanyak 163 masjid,” kata Maulana.

Menurutnya, tujuan aksi bersih masjid yang merupakan ide Prof Husain Syam tersebut yakni agar umat Islam, khususnya di Provinsi Sulbar bisa lebih khusyuk beribadah, termasuk saat ramadan hingga Idul Fitri nanti.

Dalam kegiatan tersebut, para relawan tak hanya membersihkan WC dan tempat wudhu. Mereka juga mengepel lantai masjid, membersihkan karpet, memasang spanduk amaliah ramadan, memasang stiker kebersihan dan membagikan masker sesuai standar protokol kesehatan.

Relawan The Profesor merupakan relawan bentukan Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Husain Syam.

Tim relawan ini adalah wadah bagi para relawan kemanusiaan untuk misi kemanusiaan dan kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan.

Pada gempa bumi Sulbar bulan Januari 2021 lalu, Relawan Prof Husain Syam tak hanya menyalurkan bantuan ke daerah terdampak. Mereka juga mengirim sejumlah psikolog dan psikiater untuk membantu pemulihan dampak psikologi para korban gempa, termasuk mengirim tim yang bertugas sebagai Tim SAR. (End)

Pemkot Makassar SC