banner dprd mkassar

Pemprov  Gorontalo Menerima Audience Matsusita Gobel Foundation dan Sumitomo Corporatio

pemprov sulsel

SUARACELBES.COM, GORONTALO – Pemerintah provinsi Gorontalo menerima Audience Matsusita Gobel Foundation dan Sumitomo Corporation diterima oleh Penjabat Sekretaris Daerah Budiyanto Sidiki, bersama Bappeda, Biro Pemkesra, Dinas ESDM, Dinas Pertanian, Dinas DLHK
yang berlangsung di Ruang Huyula Kantor Gubernur Gorontalo, Kamis (12/10/2023).

Dua perusahaan asal Jepang menjajaki kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Gorontalo. Kehadiran para petinggi dari Matsusita Gobel Foundation dan Sumitomo Corporation.

Matsushita Gobel Foundation dihadiri oleh Wakil Presiden Direktur Heru Santoso, sementara Sumitomo Corporation dihadiri CEO Sumitomo Indonesia Hiroshi Karashima. Hadir juga sejumlah dosen dan peneliti dari Hiroshima University.

Kepala Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Reflin Buata mengatakan bahwa untuk investasi sangat dibutuhkan oleh daerah sepanjang memenuhi syarat dan bermanfaat serta berkontribusi bagi daerah.

“Terkait Kerjasama Dibidang investasi, Lingkungan, Pertanian, Untuk kerjasama pemerintah daerah dengan pihak swasta regulasi yang dipakai Permendagri No 22 tahun 2020”.

Tahapan kerjasama yaituv

1. Penjajakan ataw pemaparan ttg maksud dan tujuan, ruang lingkup, manfaat, jangka waktu dan pembiayaan
2. Penawaran tertulis ke pihak pemerintah daerah
3. Pembahasan ttg kerjasama
4. Persetujuan bersama
5. Penandatanganan kesepakatan bersama ataw MOU

Raflin Buata juga menjelaskan bahwa setelah MOU ditandatangani dilanjutkan oleh OPD terkait dengan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara OPD dengan pihak swasta.

Kedua perusahaan itu juga akan menjajaki kerjasama pengelolaan limbah jagung dan budi daya mangrove. Proyek itu diharapkan dapat mendukung pengelolaan lingkungan yang lebih baik, khususnya dalam mengurangi emisi karbon dioksida dan gas rumah kaca.(*)

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *