Danny Pomanto Serahkan Penghargaan dan Sembako pada Upacara Peringatan Hari Juang TNI AD

Pemprov-Sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, menghadiri upacara serentak peringatan Hari Juang TNI AD ke-78 Tahun. Sebagai tuan rumah, Kodam XIV/Hasanuddin menggelar upacara di Lapangan Karebosi pada Jumat pagi (15/12/2023).

Upacara ini menjadi momentum dalam memperingati sejarah dan mengenang perjuangan pahlawan TNI AD dalam menjaga kedaulatan negara.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jendral TNI AD Maruli Simanjuntak juga selaku inspektur upacara mengucapkan “Selamat Hari Juang TNI AD ke 78 Tahun 2023” kepada segenap prajurit dan Pegawai Negeri Sipil TNI AD.

Dalam arahannya, ia mengatakan TNI AD-rakyat merupakan kunci keberhasilan dalam menghadapi berbagai macam tantangan di era globalisasi.

“Untuk menghadapi berbagai macam tantangan tersebut TNI AD harus terus meningkatkan kemampuannya, baik dari segi personel, alutsista maupun doktrin. Peningkatan kemampuan diperlukan untuk menghadapi berbagai macam ancaman yang semakin kompleks,” ucapnya.

Selain itu, ia juga meminta seluruh TNI-AD yang hadir untuk berperan aktif dalam pelestarian alam, pencegahan dan penanggulangan bencana alam sesuai dengan tema perayaan ‘TNI AD Bersama Rakyat Bersatu dengan Alam untuk NKRI’.

Dalam kehadiran yang penuh makna, Wali Kota Moh Ramdhan Pomanto menyatakan dukungan penuh dari Pemerintah Kota Makassar terhadap TNI AD dalam menjaga keamanan negara bahkan menjaga melestarikan alam.

“Harapannya agar semangat kebersamaan dan semangat juang yang dimiliki oleh TNI AD dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat Makassar dalam membangun kehidupan bersama yang lebih baik termasuk menjaga persatuan dan kelestarian alam,” ucapnya.

Pada momentum ini, Danny Pomanto turut menyerahkan penghargaan kepada prajurit berpretasi dalam lomba karya bakti TNI Angkatan Darat yang telah dilaksanakan dalam beberapa hari lalu. Diantaranya Lomba Penanaman Pohon, Lomba Pembersihan Pasar dan Lomba Pembersihan Selokan.

Selain itu, Danny juga turut menyerahkan sembako yang diberikan TNI-AD kepada masyarakat sebanyak 10.000 sembako kepada veteran, warakawuri, anak yatim, disabilitas dan fakir miskin.

Upacara ini turut dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi TNI AD, Forkopimda Provinsi dan Kota serta pejabat Pemkot Makassar.

Setelah upacara, dilanjutkan dengan berbagai rangkaian acara. Diantaranya, acara syukuran dengan pemotongan tumpeng, pertunjukan tarian kolosal, penyerahan bibit tanaman, pemberian sembako, penanaman pohon serentak, aksi donor darah, peninjauan UMKM serta berbagai hiburan musik.

Peringatan Hari Juang TNI AD di Makassar bukan hanya menjadi acara seremonial semata, tetapi juga menjadi ajang untuk memperkuat solidaritas antara masyarakat, Pemerintah Kota Makassar dan TNI AD.