Haji 2022, Kemenag Prioritaskan Daftar Tunda Haji 2020

Pemkot Makassar SC
PDAM MAKASSAR

SUARACELEBES.COM, JAKARTA – Meski Pemberangkatan ibadah haji belum jelas untuk tahun ini, pihak Kementrian Agama (Kemenag) mulai melakukan persiapan penyelenggaraan haji 1443H/2022M.

Dalam agenda tersebut, Kemenag memastikan akan mengutamakan keberangkatan para jemaah haji yang tertunda berangkat lantaran munculnya COVID-19 pada 2020 lalu.

“Jemaah haji yang diberangkatkan pada 1443H/2022M adalah jemaah haji yang berhak berangkat pada tahun 1441H/2020M,” kata Menter Agama Yaqut Cholil Qoumas dikutip dari detik.com.

Ketidakpastian penyelenggaraan haji ini sendiri tak hanya berlaku di Indonesia, melainkan juga di negara lain.

Untuk itu, persiapan yang kian singkat ini akan dimatangkan meski keberangkatan jamaah haji belum pasti hingga kini, dimana musim haji jatuh pada bulan Juni nanti.

Persiapan yang dilakukan Kemenag sendiri akan dibagi tiga opsi di tengah maraknya varian Omicron, yakni kuota penuh, kuota terbatas, dan tidak memberangkatkan jemaah haji sama sekali.

Meski begitu, namun Kemenag tetap akan mengutamakan penggunaan opsi pertama yakni kuota penuh apabila sudah mendapatkan informasi terkait pemberangkatan ibadah haji.

BAPENDA Makassar SC
Pangkep SC