banner dprd mkassar

Operasi Zebra Pallawa 2023, Dirlantas Polda Sulsel Tekankan Maksimalkan ETLE di Seluruh Daerah

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Dirlantas Polda Sulsel melakukan pelaporan terkait Operasi Zebra Pallawa 2023 yang berlangsung selama 14 di Aula Direktorat Lalu Lintas Polda Sulsel, Senin (18/09/2023).

Dalam pemaparannya, Dirlantas Polda Sulsel Kombes Pol I Made Agus Prasatya mengatakan bahwa efektifitas menggunakan ETLE mobile dan ETLE Statis cukup berhasil.

“Hal ini akan terus dikembangkan, tidak hanya di Kota Makassar, melainkan juga di semua daerah di Sulsel,” tuturnya.

“Untuk pengembangan ETLE di daerah akan terus dikembangkan dengan Kapolres yang bekerjasama dengan pimpinan daerah masing-masing agar bisa lebih efektif lagi,” lanjutnya.

Dia juga mengapresiasi dengan adanya pemasangan CCTV di area lalu lintas yang dirasa cukup efektif untuk mencegah terjadinya pelanggaran lalu lintas.

“Selain itu, keberadaan kamera yang ada di sepanjang jalan juga cukup efektif untuk mencegah masyarakat melakukan pelanggaran lalu lintas,” ungkapnya.

Sementara Irjen Pol Setyo Boedi selaku Kapolda Sulsel mengungkapkan semenjak operasi Zebra ini, tingkat fatalitas yang terjadi di jalan raya itu turun menjadi 50 persen.

“Selain itu, para pemimpin daerah juga mendukung kegiatan ini, karena operasi ini juga cukup efektif untuk menekan disiplin dalam berlalulintas, demi terciptanya ketertiban dalam berlalulintas,” ungkapnya.

Dia juga menyebut ada beberapa titik-titik ETLE di beberapa daerah yang membuat masyarakat menjadi sadar. Hal ini cukup berhasil untuk mengurangi tindak pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

“Hal ini juga bisa menjadi budaya bagi masyarakat agar bisa tertib berlalu lintas. Bukan hanya dengan adanya petugas, tetapi dari kesadaran diri sendiri,” sebutnya.

“Sebab awal dari kecelakaan lalu lintas itu biasanya disebabkan oleh pelanggaran dari satu orang atau beberapa orang,” lanjutnya.

Tak lupa, Irjen Pol Setyo Boedi mengajak dan menghimbau masyarakat agar bisa selalu tertib dalam berkendara dan menjadi pelopor ketertiban berlalulintas.

“Mari menjadi polisi bagi diri kita ,” ujarnya.

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *