banner dprd mkassar

Disdag Makassar Sosialisasikan Pembinaan dan Pengembangan UMKM Lorong Potensi Ekspor

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Dinas Perdagangan (Disdag) Makassar, sosialisasi pembinaan dan pengembangan bagi pelaku usaha lorong potensi ekspor di Kota Makassar Angkatan III, di Hotel Golden Tulip, Senin (19/6/2023).

Adapun yang menjadi narasumber, yaitu Kepala Disperindag Sulsel, Kepala Dinkes Makassar, Kepala UPT Metrologi Legal Disdag Makassar, dan Ketua MUI Sulsel.

Sedangkan, peserta dari sosialisasi ini berasal dari para pelaku usaha lorong potensi ekspor atau UMKM yang berada dalam wilayah Kota Makassar sebanyak 100 Orang.

Kepala Bidang Ekspor dan Impor Disdag Makassar, Indra Artati mengatakan, kegiatan ini dalam rangka penyelenggaraan promosi melalui Pameran dagang dan Misi dagang bagi produk ekspor unggulan.

Olehnya itu kata Indra, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Disdag Makassar mengadakan Sub Kegiatan pembinaan dan pengembangan usaha produk ekspor unggulan.

“Berupa Sosialisasi Pembinaan dan Pengembangan bagi Usaha Lorong Potensi Ekspor (Angkatan III) tahun 2023,” tutur Indra.

Indra menambahkan, sosialisasi ini juga dilaksanakan Guna Memberi pemahaman Kepada UKM/ IKM yang berada Di Lorong kota Makassar guna Peningkatan Kualitas Produkx menuju pasar International.

“Dalam Kegiatan ini juga memberikan Pemahaman kepada UKM/ IKM potensi Eksport tentang kriteria Barang Dalam Keadaan Terbungkus ( BDKT) yang sesuai dengan Aturan,” bebernya.

Selain itu kata dia, dijelaksna juga tentang Prosedur Eksport, serta manfaat sistem sesi gudang bagi UKM dalam melakukan eksport.

“Hal lainnya Pula adalah Prosedur penerbitan Produk Halal, PPIRT,” terang Indra.

Lanjutnya, kegiatan ini diharapkan Mampu memberi motivasi Kpd UKM/ IKM lorong agar lebih percaya diri memperkenalkan produknya ke pasar Internasional. Karena pasar Global Saat ini tidaklah statis dalam menerima Produk yang akan di eksport, tapi trus dinamis.

“Dalam artian Produk apa Saja bisa menjadi komoditas eksport. Misalnya Sapu lidi, sabut Kelapa (Coco Fiber), umbi-umbian (Porang), dan Craft dst mampu menembus pasar-pasar Internasional,” pungkasnya.

Pemkot Makassar

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *