Mobil Pengangkut Sampah di Wajo Dinilai Sudah Tidak Layak Pakai, Legislator Taqwa Gaffar : Kami Akan Beri Solusi

Pemprov-Sulsel-SC PDAM MAKASSAR

SUARACELEBES.COM, SENGKANG  – Terkait soal dengan kondisi armada kendaraan mobil angkutan sampah masyarakat yang dianggap sudah tak layak pakai untuk dijadikan kendaraan operasional pengangkut sampah di Kabupaten Wajo.

Dan akan menjadi suatu perhatian pihak DPRD, khususnya pihak komisi lll DPRD Kabupaten Wajo kedepanya

Kondisi kendaraan sudah nampak kropos dengan kondisi bak sampah yang sudah banyak berlubang dan hanya ditutupi atau ditambal teiplex untuk sisi bagian dinding bak kendaraan.

Dengan melihat kondisi tersebut Ketua komisi lll DPRD Wajo, Taqwa Gaffar angkat bicara dan mengatakan kalau perihal kondisi tersebut ini akan menjadi perhatian kami di komisi lll.

“Nantinya akan kami tindak lanjuti dan lanjutkan kondisi ini pada rapat pembahasan APBD 2023 untuk menjadi perhatian pemerintah daerah dalam hal ini Pemkab Wajo untuk mencarikan solusi, atau untuk pergantian, atau pengadaan armada kendaraan operasional mobil sampah yang baru layak pakai” ujar ketua komisi III Taqwa Gaffar yang juga sekaligus politisi dan Ketua dari partai Nasdem Wajo ini.

Secara terpisah Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Wajo, Andi Muhammad Baso Iqbal Unru menjelaskan untuk melayani sampah masyarakat Kabupaten Wajo, itu antaranya ada 5 unit mobil truk pengangkut sampah akan beroperasi di tiga Kecamatan yakni, 3 unit di Kecamatan Tempe, 1 unit di Kecamatan Pitumpanua dan 1 unit di Kecamatan Majauleng.
Mobil tersebut akan mendukung kerja tim di lapangan dalam mengoptimalkan masalah penanganan sampah di Kabupaten Wajo serta mendukung program Wajo Bersih.

“Peruntukannya, 3 unit dump truck untuk untuk mendukung Satuan Tugas (Satgas) Lingkungan Hidup untuk pembersihan dalam dikota, serta untuk Kecamatan Pitumpanua dan Kecamatan Majauleng masing-masing 1 unit,”.

Pria yang kerap di sapa Andi Aso itu mengatakan, mobil sampah jenis dump truck pengadaannya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2021. Saat ini Kabupaten Wajo telah memilik 18 unit armada truk sampah yang tersebar diseluruh Kecamatan.

Selain mobil truk sampah, DLHD Kabupaten Wajo selama tahun 2021 ini juga mendapatkan 10 unit motor sampah dimana sumber anggarannya juga dari DAK DLHD tahun anggaran 2021.

“Dengan dukungan armada mobil dan motor sampah ini diharapkan dapat membantu teman-teman satgas di lapangan untuk mewujudkan Wajo Bersih,” terangnya.

Dan terkait soal adanya angkutan sampah yang masih aktif beroperasi dan digunakan untuk mengangkut sampah masyarakat, itu lebih untuk mengoptimalkan dan menggunakan kendaraan yang masih dipakai untuk mendukung armada lainya untuk mengangkut sampah.(AKBAR)

BAPENDA Makassar SC
Pangkep SC