banner dprd mkassar

BKKBN Provinsi Gorontalo Gelar  Pembinaan Kesehatan Reproduksi Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, GORONTALO – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Gorontalo menggelar kegiatan Pembinaan Kesehatan Reproduksi Di Lembaga Pembinaan khusus anak (LPKA) Kelas II Gorontalo, Kamis (22/6/2023).

Kegiatan ini diikuti dan dihadiri bagi Remaja Kelompok Berisiko Tinggi dan Anak yang Berhadapan dengan hukum (ABH). Sekitar 30 Anak remaja tersebut mengikuti materi dan pelatihan pemahaman diri yang disampaikan oleh Kepala BKKBN Perwakilan Provinsi Gorontalo, Direktur KESPRO RI, Ketua Pokja KBKR Provinsi Gorontalo, Kepala LPKA kota Gorontalo dan Dinas P2KBP3A Kota Gorontalo.

Kepala BKKBN Dra. Hartati Soleman, M.Pd menyampaikan ucapan terimakasi kepada Direktur KESPRO RI, bahwa BKKBN Perwakilan Provinsi Gorontalo sudah melakukan kegiatan lainnya di kabupaten Gorontalo dan juga di kabupaten Bone bolango kemudian di Kota Gorontalo.

Menurut Kepala BKKBN Perwakilan Provinsi Gorontalo bahwa pengamatannya bahwa anak-anak di lapas di LPKA Kelas II Gorontalo itu pada umumnya mereka di pendidikan formal, disitu titik kemajuan dari lapas remaja yang ada di kota karena pendidikan mereka diperoleh dari luar lapas.

Harapan Hartati Soleman ingin menyamaratakan dari pemahaman anak-anak remaja terhadap program yang menyentuh di diri mereka dan juga mereka bisa menyampaikan ke teman-teman sebaya mereka karena pada dasarnya pemahaman suatu program itu bisa disampaikan oleh orang-orang yang seumur dengan mereka, Ungkapnya saat di wawacarai oleh media.

“Tapi untuk lebih mempermantap seperti yang dikatakan Direktur Kesehatan Reproduksi RI, Safrina Salim bahwa pemaham mereka terhadap diri mereka barangkali masih sangat terbatas jadi masih mudah tergelincir. Tetapi dengan hadirnya kegiatan ini bersama instansi yang hadir dan dengan keberadaan mereka maka insyaallah mereka akan menjadi sembuh”, Jelasnya.

Direktur Bina Kesehatan Reproduksi Republik Indonesia (KESPRO) RI Safrina Salim, S.Km.,M.Kes bahwa anak-anak yang berhadapan dengan hukum berhak mempunyai hak untuk memberi edukasi, informasi terkait kesehatan reproduksi.
“Kali ini kenapa kami memilih LPKA Kelas 2 Gorontalo artinya banyak LPKA di seluruh Indonesia mungkin juga kita pengen melihat secara dekat, kita hanya mendengar Gorontalo itu bagus, bagus itu dimana si jadi kami sekarang datang ke sasarannya melihat kondisi bagaimana pembinaan anak-anak kita yang berhadapan dengan hukum yang ada di Gorontalo ini. Tapi luar biasa mereka mendapatkan pembinaan yang sudah di jalankan sesuai dengan SOP”.

Mereka kemarin tergelincir karena kurangnya asuhan, kurangnya informasi dan lain sebagainya waktunya kita untuk rehabilitasi. Anak-anak tadi itu mereka keluar dari hati sanubarinya dia bagaimana nanti keluar dari sini, dia adalah merupakan remaja-remaja yang akan berubah dan mereka juga mempunyai tantangan untuk menyokong generasi kedepan.(*)

Pemkot Makassar

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *