banner dprd mkassar

Sinergi PLN NP UP Bakaru dengan Pemerintah Kabupaten Pinrang Dalam Mendukung Rehabilitasi Lahan di DAS

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, PINRANG – Langkah demi langkah dilakukan oleh PLN Nusantara Power UP Bakaru dalam upaya rehabilitasi lahan di Daerah Aliran Sungai (DAS).

Manager UPDK Bakaru Yan Suprayogi bertempat di Ruang Rapat Kerja Pj. Bupati Pinrang H. Ahmad Akil, SE, MM, bersilaturahmi sekaligus mendiskusikan terkait kondisi PLTA Bakaru saat ini.

Laju sedimentasi saat ini di DAS mamasa sangat tinggi sehingga mengakibatkan pendangkalan di Waduk PLTA Bakaru, hal ini mengancam keberlangsungan operasional PLTA Bakaru jika tidak ada upaya dari semua pihak untuk mengatasi hal tersebut.

Upaya korektif dari PLTA Bakaru telah dilakukan dalam beberap tahun terakhir dengan melakukan pengerukan di Waduk PLTA Bakaru namun dibutuhkan upaya upaya pelesterian di DAS Mamasa sebagai langkah strategis untuk mengembalikan fungsi DAS.

Perubahan tata guna lahan ditengarai menjadi salah penyebab tingginya laju sedimentasi disampaing itu hali ini juga berisiko menyebabkan terjadinya bencana tanah longsor.

“Oleh karena itu, kami PLN Nusantara Power UPDK Bakaru membutuhkan dukungan dari pemerintah Kabupaten Pinrang untuk bersinergi melakukan rehabilitasi lahan pada Daerah Aliran Sungai Mamasa.” Ungkap Yan Suprayogi, Jumat (24/5/2024).

“Negara kita saat ini mengarahkan untuk bagaimana membangun industri hijau dalam rangka upaya mengatasi krisis iklim dan mencapai net zero emisi. PLTA Bakaru merupakan pembangkit energi baru terbarukan dan ramah lingkungan jadi suatu keharusan bagaimana kita harus melakukan upaya-upaya pelesterian lingkungan khususnya di DAS Mamasa guna keberlangsungan PLTA Bakaru,” ujar H. Ahmad Akil.

Terjalinnya kerjasama dan sinergi PLN bersama pemerintah Kabupaten Pinrang sebagai bentuk komitmen PLN Nusantara Power untuk memulihkan, mempertahankan dan meningkatkan fungsi daerah aliran sungai sehingga daya dukung, produktivitas dan perannya dalam mendukung sistem penyangga kehidupan tetap terjaga.

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *