Husler Sebut Koperasi Topang Ekonomi Daerah

PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, LUTIM-Koperasi Serba Usaha (KSU) Amertha Giri melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke 13 Tahun Buku 2017 yang berlangsung di balai Desa Balirejo Kecamatan Angkona. RAT ini dibuka langsung Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler, Selasa (23/01/2018).

Dalam sambutannya, Husler mengatakan keberadaan koperasi di Kabupaten Luwu Timur telah ikut menopang perekonomian daerah terutama dalam mengembangkan usaha masyarakat disekitar koperasi.

“Harapan saya, koperasi ini bisa lebih berkembang lagi. Dan saya percaya RAT ini menunjukkan koperasi ini sehat dan terbuka,” kata Husler.

“Pemerintah daerah sangat mendukung aktivitas koperasi. Bahkan sebagai bentuk dukungan, saya siap menjadi bagian dari Koperasi Amerta Giri ini,” tambah Husler.

Ketua Koperasi Amertha Giri, Gede Sukaryasa menyambut baik keinginan Husler untuk menjadi anggota Koperasi Amertha Giri. “Dengan masuknya pak Husler sebagai anggota maka anggota koperasi kita pada RAT ke 13 ini berjumlah 70 orang,” jelasnya.

Gede Sukaryasa juga melaporkan bahwa perkembangan koperasinya selama ini telah memberikan dampak yang siknifikan. Ini terbukti dengan penambahan asset koperasi dari Rp.5.333.688.000 ditahun 2016 telah berkembang menjadi Rp.7.225.763.169 atau berkembang 26,19 persen.

Sementara untuk perkembangan volume usaha telah berkembang 11,82 persen dari tahun lalu. Kemudian untuk sisa hasil usaha (SHU) telah berkembang 8,52 persen mencapai Rp.50.899.706,-.

Lanjut Gede, untuk menunjang SDM para pengelola koperasi dan anggota koperasi diikutkan dalam berbagai diklat maupun pelatihan baik yang diadakan Dinas Perdagangan , Koperasi , dan UKM Kabupaten Luwu Timur maupun Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan. (fb/hms/kominfo)

Andi Muhammad Fadli
Gerinra Sulawesi Selatan