banner dprd mkassar

Sukses Gelar Operasi Pekat Lipu, Polda Sulsel Tangani 366 Kasus Kriminal

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Polda Sulsel telah melaksanakan Operasi Pekat Lipu pemanasan jelang pelaksanaan Operasi Lilin jelang natal dan tahun baru 2023.

Menurut Irjen Pol Nana Sujana selaku Kapolda Sulsel mengatakan bahwa Operasi Pekat Lipu ini dilaksanakan dalam rangka cipta kondisi jelang Operasi Lilin Natal dan Tahun Baru.

“Waktu pelaksanaan Pekat Lipu berselang 20 hari, mulai dari 8-20 November 2022. Adapun sasaran operasinya, seperti judi, sajam, premanisme, miras, asusila dan kejahatan lain,” ujarnya pada saat melangsungkan konferensi pers di Kantor Polda Sulsel, Rabu (30/11/2022).

“Saya juga mengucapkan terima kasih atas rekam-rekan yang telah melaksanakan Pekat Lipu yang berjalan baik,” lanjutnya.

Dia juga menjelaskan bahwa terdapat 366 kasus yang telah ditangani atau diamankan oleh Polda Sulsel pada pelaksanaan operasi Pekat Lipu, mulai dari menjual miras tanpa izin, penganiayaan, judi, senjata tajam, premanisme, dan beberapa kasus lainnya.

“Memang perlu ada penekanan atas operasi Pekat Lipu ini. Kemudian terhadap para pelaku, kami akan melakukan tindakan tegas dan terukur, sampai dalam keadaan kami akan melakukan tembak di tempat pada saat ada yang membahayakan masyarakat dan anggota kami,” tegas Nana.

Selain itu, Polda Sulsel juga melakukan koordinasi dengan pihak MUI yang telah mengeluarkan maklumat yang berisi terkait mengharamkan yang membawa sajam dengan tujuan untuk melakukan tindak kejahatan.

“MUI juga mengharapkan petugas kepolisian bisa bertindak tegas pelaku sajam terutama pembusuran,” jelasnya.

Tak hanya itu, Polda Sulsel juga melakukan koordinasi dengan pihak Kejaksaan untuk melakukan tindakan tegas terhadap pelaku yang kedapatan membawa sajam, seperti ketapel dan busur.

“Kami juga menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat, ketika putranya mempunyai busur atau ketapel untuk menyerahkan kepada kami, ada Polda, Polsek, Polres, dan Babinkantibmas,” pungkas Nana.

“Kemudian terhadap seluruh pelaku kejahatan yang telah tertangkap, kami akan melakukan proses hukum secara profesional,” lanjutnya lagi.

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *