banner dprd mkassar

Percepat Tercapainya SDGs di PT Vale Indonesia, Bupati Lutim Luncurkan PTO

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, LUWU TIMUR — Sebagai upaya mempercepat pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) Desa di wilayah Pemberdayaan PT. Vale Indonesia, Tbk. Bupati Luwu Timur, H. Budiman luncurkan Petunjuk Teknis Operasional (PTO) Dukungan SDGs Desa Tahun 2023.

Peluncuran PTO Dukungan SDGs yang digelar di Grand Hotel Maleo Makassar tersebut ditandai dengan pemukulan Gong oleh Bupati Luwu Timur dan turut disaksikan Wakil Bupati terpilih Mochammad Akbar Andi Leluasa, Direktur External Relations PT. Vale Indonesia, Tbk, Endra Kusuma.

“Saya berharap program ini akan memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap perkembangan dan kemajuan di desa, termasuk peningkatan perekonomian masyarakat khususnya pada wilayah terdampak operasi pemberdayaan PT. Vale Indonesia,” ungkap Bupati Luwu Timur.

Bupati menyampaikan bahwa, Pemerintah Daerah bersama PT. Vale di tahun ini telah mendatangani Kesepakatan bersama terkait Program Sustainable Development Goals Desa (SDGs Desa).

Program ini, kata Bupati, pada prinsipnya sejalan dengan amanat undang-undang desa yang mengharapkan agar seluruh elemen baik pemerintah, masyarakat dan swasta berkolaborasi dan bersinergi dalam program pengembangan masyarakat.

Lebih lanjut, Bupati menyampaikan bahwa pelaksanaan program SDGs Desa ini menunjukan bukti bahwa di Luwu Timur, dukungan dan kerjasama antara pihak swasta dengan pemerintah daerah telah berjalan baik.

Dukungan tim koordinasi kabupaten yang berisi tiga unsur, yaitu pemerintah kabupaten, masyarakat dan perusahaan, telah mampu mengkoordinasikan seluruh pelaku program, mensinkronisasi program/kegiatan agar selaras dan searah dengan program/kegiatan pemerintah daerah.

“Saya berharap PTO yang kita launching hari ini dievaluasi setiap 6 bulan karena kalau kita tidak evaluasi bisa menjadi persoalan kedepannya,” pinta H. Budiman.

Sementara Direktur External Relations PT. Vale Indonesia Tbk, Endra Kusuma berharap semoga dengan adanya dukungan program ini dapat bermanfaat bagi percepatan pencapaian tujuan SDGs Desa sebagai upaya terpadu pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat.

“Karena dengan pencapaian tujuan-tujuan SDGs Desa tersebut, mencerminkan adanya perbaikan kesejahteraan bagi masyarakat di wilayah pemberdayaan kami dan tentu saja berdampak strategis bagi pembangunan daerah Luwu Timur,” ujar Endra Kusuma.

Sebelumnya, Sekretaris Dinas PMD, Erwin Laiwa menyampaikan bahwa, Program Pemberdayaan Masyarakat Tahun 2023 difokuskan pada 8 dari 18 tujuan SDGs yakni Desa Tanpa Kemiskinan dan Kelaparan, Desa Sehat dan Sejahtera, Pendidikan Desa Berkualitas, Pertumbuhan Ekonomi Desa Merata, Infrastruktur dan Inovasi Desa Sesuai Kebutuhan, Kawasan Permukiman Desa Aman dan Nyaman, Desa Tanggap Perubahan Iklim serta Kemitraan Untuk Pembangunan Desa.

“Program ini dilaksanakan pada 36 Desa dan 2 Kelurahan pada 4 Kecamatan di Wilayah Pemberdayaan PT. Vale Indonesia,” ujar Erwin dalam laporannya.

Selain peluncuran PTO SDGs Desa, pada kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan bersama PTO PPM Dukungan SDGs Desa oleh Endra Kusuma (PT Vale Indonesia) dan Halsen (Pemerintah Kabupaten Luwu Timur) yang disaksikan langsung Bupati Luwu Timur, H. Budiman dan Wakil Bupati Luwu Timur Terpilih, Mochammad Akbar Andi Leluasa.

Selain itu, juga dilaksanakan penyerahan secara simbolis PTO SDGs Desa kepada perwakilan Kepala Desa di 4 Kecamatan.
Turut hadir pada Peluncuran PTO SDGs Desa tersebut Kepala Bapelitbangda Dohri As’ari, Camat dan para Kepala Desa Wilayah Pemberdayaan PT. Vale Indonesia serta Tim Program PPM PT.Vale Indonesia. (op/prokopim/ikp-humas/kominfo-sp)

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *