Mandadak, BNN Sulsel Tes Urin Hakim & Pegawai PN Makassar

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Badan Narkotika Nasional (BNN) provinsi Sulsel menggelar tes urin secara mendadak di Pengadilan Negeri(PN) Makassar, Kamis (8/2/2018).

Tes urin tersebut dilakukan oleh BNN sejak pukul 10.00 WITA. Seluruh hakim, pegawai, panitera bahkan tenaga honorer tak luput dari tes tersebut.

Kabid Pencegahan BNN Sulsel, Jamaluddin, mengatakan bahwa ada sekitar 120 orang lebih yang ikut menjalani tes urin. Tes urin ini, kata dia, mengacu pada edaran mahkamah Agung dan juga edaran dari Menpan yang menyebut bahwa semua ASN harus menjalani tes urin.

“Untuk tahun 2018 ini sudah tiga pengadilan yang kita adakan untuk tes urin. Januari kemarin pengadilan militer, kemudian satu pekan lalu pengadilan agama Gowa dan sekarang pengadilan negeri Makassar,” ujarnya.

Jamaluddin juga memastikan, semua pegawai yang ada dilingkup Pengadilan Negeri Makassar mengikuti tes urin tersebut.

“Semua hadir dan ikut tes urin, kecuali ketua PN Makassar yang memang kebetulan sedang sakit dan dirawat di Jakarta,” imbuhnya.

Sementara itu Humas PN Makassar, Bambang Nur Cahyo, mengapresiasi tindakan BNN Sulsel ini.

“Sesuai perintah direktur jendral peradilan umum, diperintahkan kepada seluruh instansi pengadilan untuk melaksanakan tes urin bebas narkoba. Kami kemudian menyurat kepada BNN dan alhamdulillah ditanggapi dengan baik oleh BNN,” ujarnya.

Bambang mengatakan bahwa tes urin ini tidak mengganggu jalannya sidang di pengadilan.

” Sidang tetap berjalan. Saya sendiri mengikuti tes urin usai persidangan. Teman – teman yang lain juga begitu. Semua mengikuti tes urin, bahkan juru sita yang biasa bekerja di luar, hari ini mereka tetap berada di PN untuk menjakani tes urin,” ungkapnya.

Sementara itu, mengenai kepala PN yang saat ini sedang berada di Jakarta, ia mengatakan bahwa Kepala Pengadilan tetap akan menjalani tes urin sekembalinya dari jakarta.

“Beliau tetap tes urin, nanti menyusul sètelah tiba di Makassar,” pungkasnya.

PEMKOT-Makassar