banner dprd mkassar
Palopo  

Mahasiswa Agroteknologi Unhas Ikut partisipasi Budidaya Sukun di Kota Palopo

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, PALOPO – Mahasiswa Agroteknologi Universitas Hasanuddin (Unhas) ikut berpartisipasi melakukan penanaman sukun bersama Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin dan Penjabat Wali Kota Palopo Asrul Sani, di Kelurahan Purangi, Kecamatan Sendana, Kota Palopo, Kamis, 25 Januari 2024.

Penanaman ini sebagai sebuah inisiatif yang bertujuan untuk memperkaya keanekaragaman pohon buah lokal di daerah tersebut.

Diketahui, tanaman sukun memiliki nilai ekonomi dan nutrisi yang cukup tinggi, sehingga penanamannya dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat setempat.

Mahasiswa Agroteknologi Unhas Angkatan 2022, Kinayah, mengatakan, penanaman sukun tepat dipilih karena tanaman ini memiliki banyak manfaat. Selain sebagai sumber makanan yang kaya nutrisi, sukun juga dapat membantu mengurangi kerentanan pangan dan memperkuat ketahanan pangan lokal.

Selain itu, penanaman sukun juga dapat membantu mengurangi emisi karbon dioksida dan meningkatkan kualitas udara.

“Yang saya ketahui, ini sukun dengan kualitas terbaik. Ini manfaatnya selain untuk perekonomian masyarakat, juga untuk tujuan penghijauan, ini lahan juga akan menjadi lebih baik,” jelasnya.

Mahasiswa Agroteknologi lainnya, Putri Sheila Mardiah, menyebutkan, dengan penanaman sukun, diharapkan akan tercipta kesadaran yang lebih luas akan lingkungan, dan kegiatan ini juga dapat menjadi contoh inspiratif bagi daerah lainnya.

“Sebagai mahasiswa agroteknologi melihat, penanaman ini sangat bermanfaat khususnya untuk daerah seperti di Kota Palopo itu sendiri. Semoga daerah lainnya juga ada. Apresiasi khususnya kepada Pak Gubernur karena telah melakukan program ini, juga komoditi lainnya,” ujarnya.

Dukungan juga disampaikan Lurah Purangi, Nurwani. “Kita mendukung sekali, karena memang kami persiapkan dan sukun cocok untuk daerah ini,” kata Nurwani.

Anggota kelompok tani setempat, Hasni, bersyukur dengan kegiatan ini. “Alhamdulillah saya dukung, harapan ke depan mudah-mudahan lebih memperhatikan kelompok bina tani, terutama di Kelurahan Purangi, Kecamatan Sendana, Kota Palopo,” harapnya. (*)

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *