KPU Pangkep Tetapkan PDPB Bulan Mei 238.269 Pemilih

PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, PANGKEP- KPU Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan menetapkan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) periode bulan Mei, Senin (31/5), yaitu sebesar 238.269 pemilih.

PDPB sendiri merupakan langkah KPU dalam rangka pemutakhiran data pemilih berkelanjutan di luar tahapan pemilu dan pemilihan. Misalnya mendata pemilih yang sudah memasuki umur 17 tahun, pemilih yang sudah pensiun sebagai anggota TNI/Polri. Atau sebaliknya mengeluarkan pemilih yang tidak lagi memenuhi syarat karena meninggal dunia atau pindah domisili ke luar wilayah Pangkep.

Tidak hanya itu, perubahan elemen data seperti pemilih yang sebelumnya belum menikah dan saat ini telah memegang dokumen kependudukan dengan status menikah ataupun perubahan alamat domisili karena berpindah alamat antar Desa/Kelurahan atau kecamatan di wilayah Pangkep juga diupdate dan disesuaikan pembaharuannya oleh KPU Pangkep.

Koordinator Divisi Perencanaan data dan Informasi Rohani menyampaikan, 238.269 pemilih tersebut terdiri dari 114.024 laki-laki dan 124.245 pemilih perempuan. Ada penambahan pemilih baru sebanyak 21 orang. Pemilih yang tidak lagi memenuhi syarat sebanyak 24 orang. Perbaikan Data Pemilih sebanyak 14 orang pemilih.

“Kami menggandeng sejumlah stakeholders dalam rangka PDPB ini, termasuk membuka layanan pusat pengaduan untuk memudahkan masyarakat memberikan laporan atau tanggapan pemilih yang memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat setiap bulannya, informasi lengkapnya bisa dilihat di medsos KPU Pangkep,“ Ujar Rohani

Sementara itu, Ketua KPU Pangkep dalam rakor ini juga menyampaikan agar upaya berjejaring bersama stakeholders lainnya juga terus dibangun agar bisa mendukung KPU Pangkep dalam melaksanakan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan ini.

“Kita akan menginsentifkan untuk berkoordinasi dan bekerjasama dengan banyak pihak dalam melaksanakan amanat undang-undang untuk melaksanakan Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan ini,” terang Burhan.(*)

Pemkot Makassar SC