banner dprd mkassar
Barru  

Pemprov Sulsel – PT Bomar Kembangkan Benur Udang untuk Warga Pesisir

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, BARRU – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel bersama PT Bogatama Marinusa (Bomar) mengembangkan benur udang untuk masyarakat pesisir di Sulsel. Pengembangan ini akan menggunakan kolam terpal yang diproduksi langsung PT Bomar.

Perwakilan PT Bomar, Riady, mengaku, saat ini pihaknya tengah melakukan pengembangan benur udang dengan kapasitas yang cukup besar untuk masyarakat pesisir di Sulsel.

“Kita produksi bibit benur udang untuk masyarakat itu bisa sampai 200 juta ekor benur bahkan sampai 400 juta ekor benur,” ungkap Riady kepada awak media, Sabtu, 17 Februari 2024.

Untuk itu pihaknya berharap dengan pengembangan ini dapat membantu ekonomi masyarakat khususnya di daerah-daerah pesisir Sulsel.

“Ini diharapkan dapat membantu ekonomi masyarakat supaya produksi bisa meningkat,” katanya.

Saat ini PT Bomar sendiri sedang mengembangkan kolam dengan diameter 16 meter persegi, dan bisa menghasilkan udang mencapai 3.5 ton per satu kali panennya.

Kolam tersebut berbahan dasar terpal khusus untuk kolam ikan dan sejenisnya, namun untuk PT Bomar sendiri dikembangkan khusus untuk bibit benur udang dan pembesaran udang.

“Disamping itu kami tunjukan sama Pak Gubernur untuk kolam bundar yang bisa nanti kita sebar ke daerah-daerah pesisir. Ini kapasitas 3,5 ton satu kolam dengan diameter cuman 16 meter,” pungkasnya.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, mengatakan, apa yang digagas PT Bomar sangat luar biasa dan bisa digunakan oleh para nelayan dan masyarakat di seluruh Sulsel.

“Ini sangat luar biasa inovasi dari PT Bomar. Ini harus kita kembangkan untuk masyarakat kita yang ada di wilayah pesisir,” kata Bahtiar. (*)

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *